Lihat ke Halaman Asli

Meski Stress, Tetaplah Sehat dengan Cara-cara Ini!

Diperbarui: 5 Desember 2017   22:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber ilustrasi: learnologie.com

Menyambut akhir tahun, niscaya pekerjaan akan menumpuk. Holiday is on its way tapi semuanya harus selesai sebelum liburan benar-benar sampai seakan-akan tiada ampun.

Kalau sudah begini, terkadang kamu pasti akan terkesan ceroboh, lupa waktu, dan akhirnya kesehatan tidak terjaga.

Padahal, melansir dari CNNIndonesia, kata nutrisionis Brigitte Zeitlin, kamu bisa saja tidak merasa tertekan ketika mengerjakan tugas asalkan teratur---seperti pola gaya hidup, pola makan, dan olahraga dapat dijalankan dengan seimbang.

Meski begitu, itu saja tidak cukup. Ada hal lain yang bisa kamu lakukan di tengah padatnya rutinitas menyambut akhir tahun 2017.

Seperti membuat perencanaan. Sederhana memang, tapi cukup substansial. Kalau kata Kristin Kirkpatrick, seorang ahli diet yang juga penulis buku Skinny Liver, perencanaan yang buruk adalah yang memulai baik olahraga yang tidak teratur maupun pola makan yang buruk.

Maka dari itu, ia menyarankan seseorang untuk menyisakan sedikit saja waktu dari penuhnya schedule untuk merencanakan sesuatu, layaknya memasak pada Minggu siang untuk persediaan makanan menyehatkan selama seminggu ke depan.

Kalau tidak bisa dilakukan, rencanakan memasak paling sedikit tiga malam dalam seminggu dengan bahan-bahan yang telah disiapkan sendiri sebelumnya.

Hal ini dapat membantu seseorang terhindar dari keinginan mendesak ketika terlintas di pikiran untuk memesan makanan cepat saji atau minuman yang mengandung kadar gula tinggi di luar. Inilah manfaat dari adanya perencanaan.

Cara lainnya adalah makan lebih sering, yang memang terdengar tidak begitu bagus bagi seseorang yang sedang menurunkan berat badan. Tapi menurut Zeitlin tidak salah bagi seseorang yang memiliki beban kerja tinggi untuk makan tiga-empat jam sekali.

Yang perlu diketahui adalah: ketika seseorang aktif bekerja lebih dari empat jam tanpa adanya asupan yang masuk ke dalam tubuh, baik gula darah maupun stamina akan turun.

Namun dengan asupan makanan setiap tiga-empat jam, seseorang akan lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. Kalau tak bisa memenuhi asupan makanan ini, kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan ringan. Tapi disarankan untuk mengombinasikannya dengan buah, sayuran, atau makanan-makanan yang kaya akan protein.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline