Lihat ke Halaman Asli

Menjamah Curug Pulosari, Air Terjun Tersembunyi Di Bantul

Diperbarui: 24 Juni 2015   15:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

[caption id="" align="alignleft" width="576" caption="Curug Pulosari"][/caption]

Bantul selama ini dikenal dengan potensi wisatanya berupa pantai Parangtritis, Depok, wisata sejarah Goa Selarong, juga dari wisata seni seperti pusatnya kerajinan gerabah di Kasongan.

Tapi selain itu semua ternyata Kabupaten Bantul juga menyimpan potensi wisata alam dan air terjun yang selama ini kurang dikenal publik, entah karena letaknya yang memang masih cukup tersebunyi dan kurangnya media yang menjamah tempat tersebut. Salah satunya adalah curug/grojogan/air terjun Pulosari yang terletak di desa Krebet, Bantul.

Menuju ke curug Pulosari dari Kota Jogja kita bisa menuju ke Bantul arah desa wisata Krebet dengan akses jalan aspal halus yang menanjak, dari sana kita bisa bertanya ke warga setempat karena letak air terjun ini masih benar-benar tersembunyi.

Perjalanan dilanjutkan dengan melewati rute cor setapak dengan tanjakan dan turunan yang lumayan curam. Sampai di satu perkampungan kita bisa menitipkan kendaraan di halaman rumah warga dan meneruskan perjalanan melalui rute setapak yang lumayan licin turun ke arah sungai dan air terjun.

[caption id="" align="alignnone" width="672" caption="Air Terjun Curug Pulosari"][/caption]

Curug Pulosari memiliki ketinggian sekitar 3 meter dengan kolam alami di bawah air terjun sedalam sekitar 1,25 meter atau setara pinggang orang dewasa dengan air yang dingin.

Curug ini juga menjadi sumber pokok mata air bagi warga setempat.

Catatan Perjalanan Selengkapnya bisa di lihat di sini >>

Ngonthel Ke Curug Pulosari Krebet

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline