Lihat ke Halaman Asli

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa UM guna Tingkatkan Brand Awareness Melalui Branding Identitas Industri Produk Susu Desa Samar

Diperbarui: 9 November 2022   19:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Desa Samar merupakan sebuah desa di Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung. Desa Samar memiliki potensi penghasil susu yang besar dan melimpah. Desa samar ini bercita-cita ingin mandiri dalam pengelolaan produk susu yang akan disalurkan kepada konsumen. 

Namun, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim pelaksana pengabdian Desa Samar ini mengalami krisis identitas produk yang berimbas tidak dikenalnya merk industry produk Desa Samar. Pelaksanaan pengembangan desa industri susu Samar ini di kategorikan sangat layak dikembangkan dengan fokus peningkatan brand awarness produk terintegrasi marketplace dan branding, dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat Desa Samar. 

Penelitian ini kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berpotensi pada bidangnya. Tim peneliti dan pengabdian masyarakat yang di pimpin oleh Dr. Ica purnamasari, M.Pd bersama anggota peneliti Dr. H. Agung Winarno, M.M, Dr. Dani Irawan, S.Pd, M.Pd, Dra. Wiwik Wahyuni, M.Pd. 

Berkolaborasi dengan mahasiswa Alby Aruna, Muhamad Firzon Ainur Roziqin, Eka Putri Surya dengan koordinasi bersama mitra Desa Samar, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung selama kurang lebih 1 tahun melalui pendanaan yang diusulkan ke UM Rp. 23.000.000 Tahun 2022. 

"Konsep dan kegiatan yang dilaksanakan dalam pengembangan identitas produk Desa Samar ini dilakukan dengan pelatian masyarakat Desa Samar yang diberdayakan untuk mengelola susu murni menjadi olahan produk UMKM sebagai produk inovasi masa kini", tegas Dr. Ica purnamasari, M.Pd selaku ketua kegiatan pengembangan brand awareness. Sabtu,(05/11/2022). 

Berkaitan dengan pelaksanaan pengabdian ini diusung oleh ketua tim yang mempunyai kompetensi mengintegrasikan mahasiswa terhadap dunia usaha dan dunia industri berbasis kemasyarakatan. Pemberdayaan masyarakat melalui inkubasi SDM dengan mewujudkan nilai yakni suatu brand menciptakan nilai lebih bagi produsen. 

Kegiatan pengembangan brand susu juga mampu menjadi produk ciri khas yang memiliki identitas merk yang jelas melalui program peningkatan brand awareness melalui branding identitas industri produk susu Desa Samar. 

Tim penelitian dan pengabdian masyarakat beserta mitra Kepala Desa Samar sepakat dan berharap kegiatan ini memberikan bantuan pengembangan secara berkelanjutan melalui brand awareness melalui branding identitas industri produk yang diupayakan secara penuh dan kolaboratif antara dosen, mahasiswa dan masyarakat industri.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline