Lihat ke Halaman Asli

Adinda Karunia Ilahi

Mahasiswi Univ. 17 Agustus 1945 Surabaya

Strategi Pemasaran UMKM Mie Ayam Ceker Suroboyo RT 05 RW 03 Medokan Semampir Melalui Pemanfaatan Sosial Media dan Marketplace

Diperbarui: 21 Desember 2022   22:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

SURABAYA-Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan fokus pada pengabdian masyarakat. Untag Surabaya yang dikenal juga sebagai kampus Merah Putih melakukan KKN pada kegiatan ini diperiode bulan Desember 2022 dengan tema, yaitu "Penguatan Ikon Kampung Wisata Surabaya". 

Kali ini dalam KKN individu yang dilakukan oleh mahasiswi Adinda Karunia Ilahi kelompok KKN Surabaya 7 dilaksanakan dengan penuh semangat dalam bimbingan ibu Siti Mutrofin, S.Kom., M.Kom selaku dosen pembimbing lapangan. Kegiatan KKN dilaksanakan sejak Sabtu 18 November 2022 tepatnya di Kelurahan Medokan Semampir RW 3 Surabaya, Jawa Timur.

Melalui kegiatan pengabdian ini, Adinda membantu pemilik UMKM di lokasi KKN melalui program Digitalisasi UMKM melalui Sosial Media dan Marketplace. Sasaran dalam program ini adalah pemilik UMKM "Mie Ayam Ceker Suroboyo yang ebrada di kawasan Kelurahan Medokan Semampir RW 3 Surabaya.

Pada zaman sekarang, perkembangan digitalisasi semakin canggih, banyak sekali teknologi yang berkembang pesat terutama pada dunia internet. Pada era digital seperti sekarang masyarakat di fasilitasi dalam memenuhi suatu kebutuhan yang mereka perlukan. Menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 63juta orang (BKPM, n.d.). Kemajuan teknologi juga ikut mendorong perkembangan usaha para UMKM melalui marketplace. Pada zaman digital seperti sekrang ini, terutama pada masyarakat Indonesia, marketplace sangat berpengaruh penting pada kehidupan. Marketplace menjadi salah satu sarana utama pada wirausahawan untuk menjual produknya.

Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. 

Pemasaran perlu mendapat perhatian serius oleh UMKM, terutama didalam proses penetapan strategi pemasaran harus benar-benar matang, sehingga strategi pemasaran yang dipilih akan mampu menembus pasar. Apalagi kondisi persaingan yang semakin ketat seperti saat ini, kemampuan untuk merebut pangsa pasar akan mempengaruhi kelangsungan hidup UMKM itu sendiri.

Dokpri

Pada kegiatan KKN ini, Adinda melakukan beberapa program kerja, diantaranya adalah pembuatan logo dan akun sosial media serta pendaftaran usaha pelaku UMKM ke marketplace dan juga pendaftaran lokasi pelaku UMKM di Google Maps dengan harapan melalui program kerja tersebut dapat membantu membangkitkan ekonomi mitra UMKM dan memperluas pangsa pasar mitra.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline