Lihat ke Halaman Asli

Adinda Inka Nurkhalimah

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Mengasah Skill! Event Pelatihan Canva dan Lomba Poster Desa Ngemplak bersama Mahasiswa KKN Unnes Giat 9

Diperbarui: 8 Agustus 2024   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan Canva dan Lomba Poster Desa Ngemplak, Kudus/dokpri

Undaan, Kudus (8/7/2024), dalam era digital saat ini, media visual memainkan peran yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari pemasaran bisnis, pendidikan, hingga komunikasi personal, media visual menjadi alat yang efektif untuk menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Namun, masih banyak masyarakat yang kurang memahami cara memanfaatkan media visual secara optimal. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam menciptakan konten visual yang menarik dan profesional menjadi salah satu kendala utama.

Maka dari itu, hadirnya mahasiswa KKN UNNES GIAT 9 merealisasikan program kerja adaptasi teknologi dalam pelatihan konten kreatif dan positif bertema Pancasila melalui penggunaan aplikasi Canva. Canva adalah platform desain grafis online yang bisa diakses secara gratis melalui berbagai perangkat dengan menawarkan bermacam-macam template dan elemen yang mudah digunakan, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang desain grafis. 

Dengan Canva, siapa pun bisa membuat desain yang menarik untuk berbagai keperluan, seperti poster, presentasi, media sosial, dan lainnya. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang media visual melalui platform desain seperti Canva merupakan tantangan yang dapat diatasi. Dengan strategi yang tepat, Canva dapat menjadi jembatan bagi masyarakat untuk memahami dan memanfaatkan potensi media visual secara efektif untuk mendorong kemajuan dan perkembangan di era digital.

Pelatihan Canva dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan individu dalam membuat konten visual yang menarik dan efektif. Selain itu, pelatihan ini juga dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya desain visual dalam komunikasi sehari-hari serta dapat membuka peluang baru dalam bidang kreatif dan membantu individu untuk lebih kompetitif di pasar kerja. 

Dalam event Pelatihan Canva sekaligus Lomba Poster diadakan di Aula Balai Desa yang diikuti oleh masyarakat Desa Ngemplak dari kalangan pelajar SMP dan SMA. Pemateri dalam kegiatan ini dibawakan oleh saudara Dwi Galih Puji Saputra yang merupakan mahasiswa aktif Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang yang memiliki segudang pengalaman desain dan editing mulai dari 2D, 3D, Video serta desain grafis. Kegiatan berlangsung dengan diawali pemateri menjelaskan tentang berbagai macam tools dalam aplikasi Canva, mulai dari pemilihan ukuran, tipografi, penataan ruang kosong, kedekatan (proximity), rule of third, warna dan huruf. 

Setelah pemaparan materi disampaikan, peserta diminta untuk mengakses aplikasi Canva melalui smartphone dan membuat poster tentang donor darah. Poster tersebut nantinya akan disebarkan kepada masyarakat sekitar untuk rencana agenda donor darah hidup di Desa Ngemplak. Tentu saja pemilihan poster tersebut diambil dari salah satu poster yang sudah dibuat oleh peserta yang mendapatkan juara pertama. Selain memperoleh ilmu yang bermanfaat, beberapa benefit lainnya yaitu terdapat hadiah uang pembinaan bagi juara pertama, kedua, dan ketiga serta masing-masing sertifikat keikutsertaan untuk seluruh peserta yang hadir.

Penyerahan hadiah dan sertifikat untuk pemenang/dokpri

Dengan demikian, pengenalan aplikasi Canva tidak hanya tentang memperkenalkan teknologi modern tetapi juga mampu memberdayakan masyarakat untuk menjadi lebih kreatif dan terampil dalam menggunakan alat-alat digital. Melalui pelatihan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih melek teknologi dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memanfaatkan media visual secara maksimal. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas komunikasi, tetapi juga dapat mendorong kreativitas dan inovasi di berbagai bidang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline