Lihat ke Halaman Asli

Adinda Hanny

Mahasiswi S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Interested to Public Speaking, Fashion and Make Up

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Diperbarui: 7 November 2021   16:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Apa itu prodi pendidikan Bahasa Inggris?

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris ini akan mempelajari kajian Bahasa Inggris, mulai dari aspek listening, reading, writing, grammar dan speaking. Di prodi pendidikan Bahasa Inggris kita juga akan memeroleh ilmu keguruan dan kependidikan. Mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Inggris juga dipersiapkan untuk menjadi pengajar atau guru Bahasa Inggris di tingkat SD, SMP, dan SMA sehingga prodi ini merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin berprofesi sebagai guru atau pengajar.

Dimana kita bisa mempelajari prodi pendidikan Bahasa Inggris ini?

Tidak sedikit kampus di Indonesia ini yang salah satu pilihan prodinya adalah pendidikan Bahasa Inggris mulai dari kampus negeri hingga swasta, hal ini akan memudahkan siapapun yang berminat untuk mempelajari prodi pendidikan Bahasa Inggris ini.

Kapan kita bisa mulai mempelajari prodi pendidikan Bahasa Indonesia ini?

Untuk basic atau ilmu dasar Bahasa Inggris sendiri tidak ada ketentuan atau usia minimum untuk mempelajarinya, kita bisa mempelajari mulai dari usia berapapun, contoh kecil seperti kita membiasakan diri untuk membaca atau menghafal kosa kata Bahasa Inggris lalu menerapkan dan menggunakannya dalam kehidupan sehari -- hari. Sedangkan untuk mempelajari ilmu keguruan dan pendidikannya kita bisa melanjutkannya di S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Beberapa hal yang akan dipelajari di prodi ini diantaranya :

  1. Tense

Tense merupakan materi dasar yang akan dipelajari ketika memulai kelas pendidikan bahasa inggris. Tensis dijadikan materi pertama karena akan memudahkan mahasiswanya untuk menyatakan suasana dan waktu atau suatu kejadian dalam Bahasa Inggris yang tepat. Tense terbagi menjadi beberapa macam, ada tense masa lalu (past tense), masa sekarang (present tense), dan masa depan (future tense) apabila tense ini sudah bisa dikuasai, maka untuk mempelajari materi yang lebih dalam akan lebih mudah dipahami.

  1. Reading

Di beberapa pertemuan mahasiswa akan dilatih skill reading dengan membaca teks Bahasa Inggris yang memiliki arti di luar peraturan kamus seperti lirik lagu Bahasa Inggris. Hal ini tentu dapat menambah wawasan mahasiswa untuk meningkatkan kelancaran mereka dalam berbicara nantinya.

  1. Speaking

Materi speaking merupakan materi yang sangat penting di prodi ini, karena melalui speaking kita bisa menyampaikan pesan atau materi terbaik. Mealtih speaking bisa dilakukan sehari -- hari, contoh ketika berkomunikasi bersama teman menggunakan Bahasa Inggris, jika terbiasa tentu akan menjadi mudah. Apabila dirasa bakat speaking kita sudah mahir di kehidupan sehari -- hari, kita bisa melatihnya lebih kompleks lagi dengan berbicara Bahasa Inggris di depan umum seperti pidato, MC, dan lain -- lain.

  1. Writing

Ilmu writing bukan merupakan bakat melainkan kemampuan sehingga dapat dilatih ketika mahasiswa memasuki materi writing. Di sini, mereka akan dibiasakan untuk menulis banyak hal dalam bahasa inggris seperti menulis esai, menulis paragraf, dan menulis surat normal.

  1. Listening

Pada materi ini pembelajaran dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti mendengarkan lagu Bahasa Inggris, melihat film tanpa subtitle, dan masih banyak lagi. Di prodi pendidikan bahasa inggris, kemampuan listening itu akan diperdalam karena ada beberapa kosa kata yang bentuk penulisannya sama, tetapi mempunyai perbedaan pengucapan dan sebaliknya sehingga hal ini bisa menimbulkan kesalahpahaman jika tidak dilatih.

  1. Psikolog Pendidikan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline