Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS-PK Man 1 Malang

Diperbarui: 2 Agustus 2024   08:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS-PK Masa Bakti 2023-2024/Dok. pri

Demokrasi dalam sebuah pendidikan sangatlah penting untuk era globalisasi saat ini, pendidikan demokrasi apabila dikelola dengan struktur yang memungkinkan dengan adanya praktik-praktik demokrasi dapat terlaksana, prosedur pengambilan keputusan juga memperhatikan berbagai aspirasi publik, serta dapat dipertanggung jawabkan implementasinya kepada publik. Pada umumnya pendidikan dalam arti luas bertujuan untuk mensosialisasikan siswa-siswi MAN 1 MALANG ke dalam nilai-nilai, norma-norma dan kebiasaan-kebiasaan dasar dari masyarakatnya.

Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan salah satu agenda kegiatan program tahunan OSIS-PK MAN 1 MALANG sebagai bentuk proses peralihan kepengurusan OSIS-PK MAN 1 MALANG secara estafet dari pengurus sebelumnya kepada pengurus baru agar stabilitas kegiatan OSIS-PK MAN 1 MALANG terus berjalan secara kontinuitas.

Terdapat 6 siswa untuk mencalonkan diri sebagai ketua  OSIS-PK, Para calon datang dengan visi dan misi yang beragam untuk memajukan sekolah mereka, yang membuat persaingan semakin sengit, pendaftaran calon melalui seleksi ketat memastikan bahwa mereka yang mencalonkan diri telah memenuhi persyaratan yang diperlukan dan siap untuk memimpin.

Pemilu OSIS-PK di MAN 1 Malang juga menjadi ajang untuk menunjukkan kreativitas dan energi para calon dengan mengkomunikasikan pesan kampanye mereka di hadapan seluruh siswa MAN 1 Malang. Setiap calon berusaha untuk memenangkan hati siswa-siswa dengan argument mereka.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1) Untuk menemukan dan memilih calon ketua OSIS-PK.
2) Untuk mengembangkan potensi diri siswa dan siswi MAN 1 malang dalam partisipasi demokrasi.
3) Untuk memberi ruang bagi siswa-siswi MAN 1 Malang guna menjadi pengurus dan ketua OSIS-PK MAN 1 Malang pada masa periode berikutnya.
4) Untuk membekali siswa-siswi MAN I Malang berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga sekolah yang baik.
5) Untuk Melatih siswa siswi MAN 1 Malang Dalam Berorganisasi
6) Untuk Membentuk Kaderisasi Personil Pengurus OSIS PK di MAN 1 Malang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline