Lihat ke Halaman Asli

Pengabdian Masyarakat dengan tema Pemberdayaan UMKM dan Penetrasi pasar KKN UMY 254.

Diperbarui: 7 Februari 2022   18:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Dalam rangka pelaksanaan pengabdian masyarakat atau Kuliah Kerja Nyata Reguler berbasis IT yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kelompok 254 dengan judul Program KKN “Strategi Penetrasi Pasar Usaha Mikro Kecil Menengah” berlokasi di Dukuh Candirejo, Kelurahan Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY. Kelompok 254 yang terdiri dari delapan anggota (Rossadi, Zunan, Keyza, Falah, Nabila, Adin, Fifi, dan Dwi) dengan bimbingan dari Bapak Sunarno S.H.,M.Hum.,Ph.D. Kelompok ini mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan 3 UMKM dan 1 ORSOS. Salah satu UMKM yang kami dampingi adalah UMKM Custom dan Re-paint Helm Mas Zanuar. Seperti yang kita ketahui, selain berguna untuk melindungi kepala dalam berkendara, kini helm juga telah menjadi trend fashion hampir disemua kalangan, khususnya kaum milenial yang menginginkan helm dengan bentuk dan warna lebih menarik.

Zanuar Paint adalah bengkel custom dan repaint helm yang berlokasi di Dusun Candirejo, Kabupaten Sleman. Mas Zanuar memulai usaha custom dan repaint helm sejak tahun 2019. Awal mula sebelum ia merintis bisnis custom dan repaint ini, Mas Zanuar memiliki hobi bermain motor seperti bengkel motor dan juga modifikasi motor. Setelah  mempelajari melalui youtube dan juga dari teman-temannya yang memang sudah mahir di dunia Re-paint. Ia pun meninggalkan usaha bengkel dan berfokus untuk menjalankan bisnis Custom dan Re-paint helm tersebut.

Di saat Mas Zanuar sudah mulai menekuni bisnis Custom dan re-paint helm, ia juga bekerja-sama dengan Partner bosnya di bengkel dahulu yang kebetulan juga menyukai motor klasik. Usaha Zanuar repaint ini tentu menjadi salah satu bisnis yang terkena dampak dari adanya Covid-19 ini, akan tetapi tidak begitu berpengaruh karena orderan custom helm tetap masih berjalan hanya saja berkurang dalam jumlah orderan yang masuk.

Dia juga mengungkapkan bahwa pendapatan kotor yang ia terima dalam sebulan dapat mencapai 5juta, namun belum termasuk untuk keperluan dalam melakukan repaint helm. Kisaran harga yang dipasarkan dalam custom helm ini adalah 60 ribu sampai dengan 90 ribu sesuai tingkat kesulitan.

Sementara ini, Jasa repaint helm yang ia jalankan masih belum banyak diketahui khalayak umum. Selain di daerah Sleman, customer yang datang untuk memesan jasanya juga berasal dari wilayah Bantul, Kota Gede, dan juga Godean. Relasi yang ia punya juga belum begitu luas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline