Lihat ke Halaman Asli

Kelompok KKNT Unesa Surabaya 43 Menggelar Aksi Kemanusiaan Melalui Kegiatan Donor Darah

Diperbarui: 26 Juni 2022   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Unesa 43 memiliki beragam kegiatan yang diadakan berbasis masyarakat salah satunya yaitu Donor Darah yang dibuka untuk umum dengan bekerja sama dengan Unit Donor Darah Kota Surabaya. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan pada hari Sabtu 28 Mei 2022 di tempat mahasiswa KKN tepatnya di Kelurahan Warugunung, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita yang membutuhkan darah dan menambah stok kantong darah untuk PMI, dan bagi pendonornya akan mendapatkan manfaat seperti mengurangi risiko penyakit jantung, memperlancar aliran darah, menurunkan risiko kanker, membakar kalori, dan sebagainya.

Dalam Pelaksanaan kegiatan donor darah kali ini masyarakat sekitar sangat antusias untuk turut serta mendonor. Dikarenakan salah satunya tempatnya yang dekat dengan rumah. Pada awal sosialisasi sudah ada sekitar 25 calon pendonor yang ingin mengikuti kegiatan ini. Dan setelah kegiatan jumlah calon pendonor mulai bertambah, total mencapai kurang lebih 70 peserta. Peserta berasal dari masyarakat sekitar Warugunung dan juga di luar Warugunung.

Sebelum melakukan donor darah, calon pendonor akan mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu, kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan guna mengetahui apakah calon pendonor sudah memenuhi syarat untuk donor atau belum. Pemeriksaan kesehatan meliputi pengecekan berat badan, tekanan darah, golongan darah, dan lain sebagainya. Dari 70 calon pendonor hanya beberapa saja yang lolos memenuhi syarat untuk donor darah. Dan untuk peserta yang lolos untuk donor akan diberikan bingkisan berupa sembako dari Kelompok KKNT Surabaya 43. Anggota KKNT Surabaya 43 juga turut serta mendonorkan darahnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan donor darah ini harapannya dapat membantu memenuhi kebutuhan kantong darah PMI dan juga membantu saudara kita yang membutuhkan serta bisa menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat kepada sesama. Dan juga harapan untuk kedepannya anggota kelompok KKN Surabaya 43 bisa terus berpartisipasi dalam kegiatan donor darah diluar program kerja yang telah dilaksanakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline