Lihat ke Halaman Asli

Adinda SeptiAnggraini

Universitas Negeri Malang

Edukasi Kerajinan Keramik Dinoyo: Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Budaya Lokal

Diperbarui: 8 Mei 2024   12:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Tempat Ikonik Keramik Dinoyo)/dok. pri

Kampung Wisata Keramik Dinoyo adalah sebuah destinasi wisata di Kota Malang yang dikenal dengan kegiatan pengrajin keramik. Kampung Wisata Keramik Dinoyo didirikan oleh para perintis melalui swadaya masyarakat. Pada mulanya, kampung ini sebagai sentra gerabah tanah liat yang kemudian berkembang menjadi sentra pembuatan keramik berbahan dasar liat putih. Kampung Wisata Keramik Dinoyo memiliki 24 toko yang menjadi pengrajin dan penjual keramik. 

(Wawancara Mahasiswa PLS dengan Ketua POKDARWIS Bapak Samsul)/dok. pri

Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang melakukan wawancara dan observasi langsung ke lapangan untuk memenuhi tugas mata kuliah yang berkaitan dengan program yang telah ada di Kampung Wisata Keramik Dinoyo. 

Menurut narasumber yang kami wawancarai yaitu Bapak Samsul Arifin selaku ketua POKDARWIS kerajinan keramik dinoyo, kerajinan ini sudah ada sejak zaman nenek moyang yang bermula dari sentra gerabah, kemudian dibawa pada zaman belanda dari petani yang dibawanya memiliki kerajinan mengolah tanah liat. Setelah perkembangan zaman berdirilah pabrik proyek percobaan yang ada di kawasan kerajinan keramik dinoyo. Pabrik proyek percobaan kemudian berhenti berproduksi dikarenakan kurangnya lapangan kerja yang dimana pengrajin sebagian besar merupakan generasi muda yang belum menikah, kemudian setelah memiliki keturunan sudah tidak ada yang berkecimpung di bidang keramik. 

(Proses Wawancara)/dok. pri

Agar tidak hilang nilai khas dari kerajinan keramik dinoyo dan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap budaya lokal, ada sebuah program "EDUKASI KERAJINAN KERAMIK" yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan masyarakat dalam membuat kerajinan keramik serta meningkatkan kesadaran mereka terhadap budaya lokal yang telah lama dilestarikan. Wisata edukasi ini juga banyak diminati dari luar daerah malang dari sekolah-sekolah untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan  siswanya dalam kerajinan keramik. Wisata Edukasi ini sangat berdampak baik untuk perkembangan pendapatan wilayah daerah Dinoyo.

Kerajinan keramik Dinoyo sendiri kerajinan yang harus selalu dijaga karena kerajinan ini merupakan kearifan lokal yang harus dikenalkan hingga mancanegara.  Sebagai generasi muda kita harus bangga dengan karya dan produk lokal yang bernilai mahal karena hal ini mewujudkan bahwa kearifan indonesia tidak kalah dengan negara lain. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline