Lihat ke Halaman Asli

Literasi Keuangan Digital (E-wallet)

Diperbarui: 19 Agustus 2024   17:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada dasarnya, e-Wallet adalah aplikasi yang berfungsi sebagai dompet untuk menyimpan uang anda secara digital, melalui e-wallet anda dapat melakukan berbagai transaksi keuangan. E-Wallet sendiri mulai berkembang pesat seiring banyaknya startup fintech di Indonesia. Kepraktisan yang E-wallet tawarkan membuatnya menjadi andalan masyarakat saat perlu bertransaksi. Selain itu, E-wallet juga memiliki beberapa manfaat salah satunya yaitu;

1. Kemudahan Akses

Pengguna e-wallet dapat melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi mobile e-wallet yang tersedia pada perangkat mereka. Tidak perlu lagi mencari mesin ATM atau gerai fisik untuk melakukan transaksi, karena e-wallet dapat diakses dengan mudah melalui smartphone.

2. Transaksi aman

 Bertransaksi menggunakan e-Wallet menjadi aman karena anda tidak perlu membawa uang cash. Uang yang anda bawa untuk melakukan pembayaran sering mengundang pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya. Tetapi karena tersimpan dalam bentuk digital dan tidak sembarang orang bisa mengakses, saldo dalam dompet digital menjadi lebih aman.

3. Transaksi Praktis dan Efisien

 Pengguna e-wallet dapat dengan mudah melakukan pembayaran di berbagai tempat secara digital, tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu fisik. Transaksi dapat dilakukan secara cepat dan efisien, menghemat waktu yang biasanya dibutuhkan untuk menghitung uang atau menunggu kembalian.

4. Memudahkan Pencatatan Transaksi

 Salah satu kendalanya yaitu malas mencatat uang masuk maupun pengeluaran. Sedangkan pencatatan ini penting agar anda bisa mengetahui kemana uang yang anda miliki digunakan dan mengontrol pengeluaran. Karena tersimpan dalam aplikasi, anda tidak perlu takut catatan tersebut rusak atau kehilang.

5. Keuntungan Tambahan

 Kelebihan lain yang membuat dompet digital lebih menarik yaitu adanya berbagi promo. Promo yang ditawarkan pun sangat bervariasi, mulai dari diskon pembayaran, penambahan poin, cashback, dan lain-lain. Hal ini tentunya bisa menguntungkan Anda sebagai pengguna e-wallet. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline