Lihat ke Halaman Asli

Adinda Rizki Febri

Universitas Negeri Malang

Essay Asistensi Mengajar 2024 di SMK Negeri 10 Malang

Diperbarui: 19 Juni 2024   13:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengantaran Oleh DPL/dokpri

ESSAY

Kami merupakan Mahasiswa Universitas Negeri Malang dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika 2021 yang melakukan program Asistensi Mengajar di SMK Negeri 10 Malang. Pengalaman berharga yang baru kami dapatkan sebagai Mahasiswa Universitas Negeri Malang yaitu dengan mengajar di satuan Pendidikan, tepatnya di sekolah yang saat ini saya tempati yaitu SMK Negeri 10 Malang. 

Bagi seorang mahasiswa terutama sebagai calon pendidik dimasa yang akan datang memerlukan sebuah pengalaman dalam mengajar. Pada kali ini saya sebagai penulis akan memberikan sedikit cerita terkait pengalaman saya selama satu semester dalam melakukan kegiatan Asistensi Mengajar (AM).

Mahasiswa yang melakukan Asistensi Mengajar di SMK Negeri 10 Malang yaitu, rekan-rekan Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika yang beranggotakan 5 orang diantaranya yaitu Adinda Rizki Febri Kartikasari, Betranza Ramadhika, Esa Pramudheva, Helmy Izza Al-Faqih, dan Muhammad Lizikri Arromadhon serta teman-teman lainnya 3 mahasiswa dari prodi S1 Pendidikan Sejarah dan 3 mahasiswa dari prodi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. 

Sebelum dilakukan Asistensi Mengajar di sekolah terkait, kami para mahasiswa Universitas Negeri Malang melakukan kegiatan pembekalan terlebih dahulu terkait program atau kegiatan apa saja yang dilakukan di sekolah nantinya. Setelah pembekalan, pengantaran oleh DPL dilakukan pada Hari Senin, tanggal 19 Februari 2024. 

Setelah pengantaran kami dibekali mekanisme kedepannya dalam proses Asistensi Mengajar oleh guru pamong serta melakukan observasi kepada tiap pengurus sekolah yaitu Waka Kurikulum & Waka Kesiswaan sebagai langkah awal untuk mengatahui tugas yang diberikan oleh sekolah kepada Mahasiswa Asistensi Mengajar.

Kegiatan di SMK Negeri 10 Malang selain kegiatan belajar mengajar di kelas terdapat kegiatan mural dan P5 sebagai pelengkap kurikulum Merdeka yang diterapkan. Mural yang dilakukan setiap minggunya bergantian begitu juga dengan P5, namun pelajaran produktif tetap berlangsung setiap minggunya. 

Selain itu kegiatan rutin yang dilaksanakan di sekolah pada setiap pagi hari Jum'at yaitu istigosah bersama selama kurang lebih 15 menit. Pada pelajaran produktif siswa diberikan tugas sesuai dengan materi yang disampaikan. Namun pada saat bulan Ramadhan kegiatan belajar mengajar di SMKN 10 sedikit berbeda. Siswa diberikan penugasan project, dimana kegiatan yang diberikan diantaranya yaitu News Ramadhan, Mural, dan Project Inspirasi. Pada saat bulan Ramadhan kami ditugaskan untuk memberikan penugasan kepada siswa berupa membuat video yang berkaitan sesuai dengan jurusannya. 

Pada kesempatan ini saya Adinda Rizki diberikan tugas untuk mengajar kelas produktif di X TKJ 3. Kegiatan belajar mengajar yang saya lakukan di kelas X TKJ 3 secara rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan sekolah setiap minggunya. Proses belajar mengajar selama ini sangat menyenangkan dan memberikan saya banyak sekali pengalaman. Mulai dari bagaimana cara mengatasi permasalahan siswa di kelas yang tidak ingin belajar, mengatasi siswa yang cara belajar nya perlu diperhatikan dengan sabar dan pelan dalam memberikan penjelasan materi agar mudah dipahami oleh siswa, serta penugasan siswa yang perlu di evaluasi setiap pertemuan di kelas. Tetapi hal inilah yang menjadikan sebuah tantangan bagi saya, yang mana perlu saya tingkatkan dalam kemampuan menanganinya. Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan berdiskusi serta berkoordinasi dengan guru pamong serta pembimbing. Agar hal yang akan saya lakukan selanjutnya dapat memperbaiki permasalahan yang terjadi. 

Kegiatan Produktif/dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline