Lihat ke Halaman Asli

Adi Makayasa

Mahasiswa

Waktu Luang Menjadi Salah Satu Faktor Kenakalan Remaja

Diperbarui: 25 Mei 2023   13:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

WAKTU LUANG MENJADI SALAH SATU FAKTOR KENAKALAN REMAJA

Kenakalan remaja merupakan tindakan yang dilakukan oleh orang yang berusia 12 hingga 21 tahun atau yang kita anggap sebagai usia remaja yang mengarah kepada kegiatan yang melanggar nilai dan norma sosial serta mengganggu ketertiban umum dengan beberapa sebab. Beberapa contoh penyebab kenakalan remaja yaitu, pengabaian sosial, pengaruh lingkungan, penggunaan waktu luang yang salah. Dan untuk contoh beberapa kenakalan remaja yaitu tawuran, mabuk-mabukan dan mengganggu ketertiban umum,dst.

Disini saya mengambil salah satu contoh faktor kenakalan remaja yaitu penggunaan waktu luang yang salah, penggunaan waktu luang itu sangat berpengaruh akan timbul dan tidaknya kenakalan remaja. Penggunaan waktu luang yang salah disini bisa berupa berkumpul antar sesama hingga larut malam. Tidak selamanya kumpul hingga larut malam itu buruk, namun hal itu menjadi buruk ketika ada kegiatan yang negatif didalamnya, seperti meminum minuman terlarang yang mengakibatkan tidak sadar diri dan dapat berdampak kepada kenakalan remaja.hal seperti itu yang memperkuat mengapa ketika waktu luang yang diisi dengan hal yang salah menjadi salah satu komponen yang kuat akan terjadinya kenakalan remaja.

Jadi pengaruh yang ditimbulkan oleh penggunaan waktu luang yang salah itu sangat berpengaruh terhadap timbulnya kenakalan remaja. Sedikit tips untuk mengisi waktu luang agar tidak terjadinya kekosongan yang akan berdampak ke hal yang negatif, dengan cara mengisi waktu dengan hal yang positif seperti berolahraga, mengembangkan potensi diri, membantu sesama, melakukan hobby yang diminati. Dengan mengisi dengan hal positif kegiatan seperti kenakalan remaja akan semakin sedikit terjadinya. Harapannya dengan penggunaan waktu luang yang lebih bermanfaat akan mengurangi ataupun menghilangkan kenakalan remaja di Indonesia ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline