Lihat ke Halaman Asli

Dilarang Mengenakan Rok Mini!

Diperbarui: 17 September 2015   21:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rok mini? Apa itu rok mini? Dari mana asalnya rok mini? Kenapa harus ada rok mini? Apa manfaat rok mini?Biasanya ketika mendengar kata rok mini, yag terlintas dibenak kita adalah wanita. Kenapa harus wanita? Karena pemakai umumnya wanita. Kenapa saya katakan pemakai umum? Karena ada juga pria kewanitaan yang mengenakan rok mini, tujuannya adalah agar tampil menarik, dan meggoda para lelaki (astaghfirullah).

Dalam pandangan agama islam, rok mini adalah barang haram. Karena apa? Jelas alasannya bahwa rok mini itu mengumbar aurat. Bukan rok mini yang mengumbar aurat,tapi pemakai rok mini maka auratnya akan tampak. Untuk para wanita muslimah rok mini merupakan barang yang terlarang. Bagaimana tidak, mereka dituntut untuk memakai pakaian sesuai syar’i. Nah, misalkan dia pakai rok mini, apa yang akan terjadi? Menakjubkan bukan?.

Tidak hanya dalam dunia penampilan kaum hawa yang sedang trend, rok mini juga menjadi pakaian formal dalam dunia perkantoran, perkuliahan, sekolah dll.

Dalam dunia entertainment, rok mini merupakan barang yang lumrah. Mengenakan rok mini, baju youcansee dan high heel setinggi monas merupakan hal yang biasa.

KONTROVERSI ROK MINI DI INDONESIA

Dilansir dari Kompasiana.com, pada tahun 2011 puluhan perempuan yang memakai rok mini menggelar aksi di Bundaran HI. Mereka enggan disalahkan ketika terjadi pemerkosaan bahwa rok mini yang mereka kenakanlah yang menjadi penyebabnya.

“Jangan salahkan rok mini kami, Salahkan otaknya”. Ujar salah seorang orator

Mereka membawa poster dan spanduk besar. Aksi ini menyita perhatian para pengguna jalan. Petugas kebersihan disekitar lokasi menghentikan aktivitasnya demi melihat aksi para demonstran. Pengguna jalan pun melambatkan kendaraannya. Sementara itu, puluhan polisi mengawal aksi yang dipicu pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, yang terkesan menyalahkan korban perkosaan sebagai akibat berpakaian seksilah salah satu pemicunya.

Tidak hanya wanita dewasa, gadis belia pun ikut tergabung kedalam kelompok aksi tersebut.

“ Aku diajak mama kesini,” kata aleksis yang masih duduk dibangku SD. Dia mengaku tidak canggung melakukan aksi demo meskipun tidak ada teman sebayanya.

Dari berita diatas dapat disimpulkan bahwa pengguna rok mini tidak lah sedikit. Tidak hanya wanita dewasa, tapi juga gadis belia. Disitu juga dikabarkan bahwa salah satu pemicu aksi tersebut adalah ketika pemakai rok mini dijadikan salah satu penyebab sebuah pemerkosaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline