Lihat ke Halaman Asli

Adie Sachs

TERVERIFIKASI

Hanya Itu

Peran Islam dalam Renaissans Eropa II ( Ibnu Sina )

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ibnu Sina/ Pic by: Detik.com

Abu Ali al-Husain bin Sina, yang dikenal sebagai Avicenna sebagian sarjana Barat, adalah penerus Muhammad ibnu Zakariya ar Razi. Karirnya dimulai pada abad setelah kematian Razi. Ibnu Sina - demikian beliau dikenal di Indonesia - lahir di Persia dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di Timur Tengah. Namun, pada abad setelah kematiannya, karya-karyanya yang diedarkan ke Spanyol dan kota Cordoba. Banyak sarjana Barat tahu Ibnu Sina sebagai "The Prince of Physicians". Penyair Italia, Dante Alighieri sampai mengabadikan Sina dalam karya epiknya, The Divine Comedy. Dalam lakonnya, Ibnu Sina menempati tempat di api penyucian antara Hippocrates dan Galen, dua ilmuwan dan filsuf lainnya. Posisi dalam The Divine Comedy ini seolah menandakan pengaruh Sina dalam sistem beasiswa Barat. [caption id="" align="aligncenter" width="300" caption="Ibnu Sina/ Pic by: Detik.com"][/caption] Kontribusi Sina ke sekolah filsafat tak terhitung, diantaranya terdapat dalam "The Book of the Remedy" (Kitab Remedy), The Book of Directive and Remarks, dan The Sufficientia. The Sufficientia adalah sebuah karya Latin dan dianggap sebagai ensiklopedia terpanjang yang disusun oleh seorang penulis tunggal. Sina menulis The Canon of Medicine, sebuah kompilasi dari deskripsi penyakit, termasuk panduan terapi obat terhadap meningitis. Karya-karnyanya diterjemahkan ke dalam bahasa Latin tahun 1175. Termasuk dalam Canon nya adalah deskripsi tentang sifat menular tuberkulosis, perkembangan penting dalam pencegahan penularan dan kematian. Hasil karya ini kemudian mendapat perhatian di kalangan sarjana Eropa dan digunakan oleh sekolah-sekolah medis sampai abad ke-17. Ibnu Sina menulis rincian yang jelas dari terapi obat banyak. Canon menegaskan, "Yang paling kuat dari stupefacient adalah opium. Kurang kuat adalah: biji dan kulit akar mandrake ... hemlock ... belladonna ... ". Ekstrak dari tanaman ini terus digunakan di masa kini. Ibnu Sina juga dokter pertama yang diketahui yang mendokumentasikan anatomi mata dan katup jantung. Dalam Canon ia menulis, "saraf optik tidak menyeberang," membantu untuk menjelaskan bagaimana anatomi mata manusia beroperasi dalam rangka untuk memberikan visi. Ia juga menambahkan teori bahwa cahaya seperti melintas dalam gelombang, untuk menjelaskan proses penglihatan. Kemajuan Ibnu Sina dalam menguraikan anatomi manusia adalah hasil dari praktek dari pembedahan. Dokter menulis tentang pembedahan, "Adapun bagian tubuh dan fungsi mereka, perlu didekati dan harus melalui metode pengamatan (mendesis) dan diseksi/pembedahan (tashrih), sedangkan hal-hal yang harus menduga dan ditunjukkan oleh akal adalah penyebab tertentu dan gejala mereka dan bagaimana penyakit dapat mereda dan kesehatan dipertahankan. " Ibnu Sina yang menemukan "penyakit menular dan anatomi" yang secara sangat signifikan di bidang medis pada zamannya, dan sangat membantu dalam membuka jalan bagi studi masa depan tentang pengetahuan ilmiah. Ibnu Sina terpengaruh oleh teori metafisik Aristoteles. Ilmuwan lain, termasuk Galileo, kemudian mengembangkan karyanya. Tulisan Sina tentang masalah Geologi yang diterjemahkan ke dalam bahasa Latin tahun 1200 menjadi sebuah karya yang disebut De Mineralibus. Dalam karya itu, Ibnu Sina menulis tentang sejarah alam hewan, tumbuhan, dan mineral. Dia memisahkan mineral ke dalam apa yang dia sebut sebagai "batu, zat fusible, sulfurs, dan garam ...". Karya itu juga meliputi pengamatan Ibnu Sina terhadap fosil dan keyakinannya bahwa mereka adalah sisa-sisa hewan laut dari era sebelumnya. Jumlahnnya termasuk sangat rinci dan dianggap menjadi salah satu karya yang paling canggih pada mata pelajaran Geologi pada masanya. Seperti banyak dokter Islam ketika itu, Ibnu Sina juga belajar filsafat serta obat-obatan. Sebagai seorang filsuf, Ibnu Sina adalah bagian dari sekolah studi pemikiran Ontologis. Ini adalah aliran filsafat prihatin dengan konsep keberadaan alam semesta dan segala yang terkandung di dalamnya. Ibnu Sina mengikuti arus "Pengetahuan tentang obyek pada akhirnya adalah pengetahuan tentang status ontologis dalam mata rantai eksistensi universal." Sina dan filsuf sesama ontologis menyatakan bahwa Allah tidak memiliki tempat dalam "rantai menjadi" alam semesta. Sebagai pencipta alam semesta, Tuhan menempati tempat di luar itu. Dengan kata lain, Tuhan tidak bisa hanya menempati tempat dalam ciptaan-Nya sendiri. Sebaliknya, Allah melampaui eksistensi. Pandangan Ibnu Sina tentang keberadaannya "mengamini" atau sesuai dengan filosofi Kristen dan Yahudi. Ibnu Sina membedakan eksistensi menjadi dua kategori: esensi (mahiyah) dan keberadaan fisik obyek (wujud). Menurut Ibnu Sina, gagasan tentang objek dan substansi fisik terpisah dan sama-sama signifikan. Seperti banyak sarjana sesama Muslim dan para ulama Renaissans yang menggantikannya, Ibnu Sina percaya pada kompatibilitas agama, ilmu pengetahuan dan filsafat. Sina secara teratur mengamati hak-hak Islam dan sering mencari doa sebagai sarana untuk memerangi hambatan dalam studi ilmiah. Menurut pandangannya tentang dunia, ada simpati antara semua perintah realitas, dan khususnya antara jiwa manusia dan Tuhan dan jiwa-jiwa surgawi. Di era ketika Eropa dikatakan berada dalam Zaman Kegelapan, Ibnu Sina adalah seorang "Renaissance man". Menurut gambaran dari filsafat Yunani kuno, ia mengklaim bahwa manusia adalah makhluk rasional yang diproduksi oleh Tuhan yang rasional. Ibnu Sina menulis sebuah karya alegoris berjudul Hayy ibn Yaqzan, menegaskan keyakinannya pada kemampuan manusia untuk mencapai pemahaman yang benar tentang alam semesta. Sejarawan Paul E. Walker menulis Ibnu Sina "Dia mempertahankan bahwa Allah, prinsip dari semua eksistensi, adalah Akal Suci, dari siapa hal-hal lain yang sudah ada seperti pikiran, tubuh, dan benda-benda lainnya semua berasal, oleh karena itu kepada siapa mereka semua selalu berhubungan ". Teori Ibnu Sina yang kompatibel dengan Filsafat klasik dan juga Filsafat Renaissance, yang menganjurkan rasionalitas dan akal sebagai sarana untuk memahami alam semesta. Seperti halnya para filsuf masa lalu, Ibnu Sina juga adalah seorang yang mempengaruhi para filsuf yang menggantikannya kemudian hari. Karya-karyanya Kitab al-Nafs/Book of the Souls, atau Kitab Jiwa, termasuk yang dipelajari oleh Thomas Aquinas dan Albert Agung dan dalam karya-karya filosofis mereka, secara khusus menyarankan rujukan terhadap Ibnu Sina. Jika sekarang dengan kemajuan dan kecanggihan yang ada di bidang kedokteran dan kemudian menjadikan sebagian rekan muslim menjadi angkuh karena jasa Razi dan Ibnu Sina, maka seorang besar sekelas Ibnu Sina yang juga dikenal sebagai "Bapak para Dokter" itu pasti akan sangat malu. Sebab kejayaan masa lalu seharusnya menjadi pemicu keunggulan di masa kini dan yang akan datang.... Artikel sebelumnya: http://sejarah.kompasiana.com/2012/10/12/pengaruh-islam-dalam-titik-balik-eropa-ar-razi/ =SachsTM=

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline