Lihat ke Halaman Asli

Adi Chandra

Penulis Lepas, Petualang dan Pecinta Keindahan Alam

Hutan Kabut di Puncak Air Terjun Sempatung/Mpatuk (Ampar Jawa) Kalimantan Barat

Diperbarui: 27 Oktober 2023   13:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: instagram.com/adichaaandra

Lagi-lagi hutan Kalimantan memang selalu menawarkan sesuatu yang menarik untuk dibahas, selalu ada hal yang unik dan hanya bisa ditemukan di hutan Kalimantan.

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya saat melakukan perjalanan ke Air Terjun Sempatung (Mpatukng) atau sering di kenal dengan nama Air Terjun Ampar Jawa oleh masyarakat Kalimantan Barat.

Air Terjun Sempatung (Mpatukng) atau Ampar Jawa

Air terjun ini terletak di hutan pegunungan Merdai/ Merdayi di Dusun Perbuak Desa Merayuh Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Dusun Perbuak dapat diakses dengan kendaraan roda dua (sepeda motor) dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dari ibukota Kecamatan Air Besar yaitu Serimbu. 

Air Terjun Sempatung (Mpatukng) atau Air Terjun Ampar Jawa memiliki ketinggian lebih kurang  80 Meter serta sisi kiri dan kananya terdapat goa yang menjadi sarang burung walet. Selain itu, di bawah air terjun juga banyak terdapat tanaman hias yang dapat dijadikan tanaman Aquascape (bucephalandra).

Sumber: instagram.com/adichaaandra

Selain keindahan air terjun, kalian juga akan menemukan keindahan lainya jika kalian tepat berada di puncak air terjun. Kalian akan menemukan ribuan kolam alami berbentuk oval yang terbentuk diatas batu. Selain itu, kabut yang tebal di puncak air terjun ampar jawa juga memberikan kesan seperti sedang berada di negeri dongeng .

Sumber: instagram.com/adichaaandra

Dipuncak air terjun kalian juga bisa memancing ikan sambil mendengarkan suara dari air yang mengalir dan kicauan burung yang indah. 

Sumber: instagram.com/adichaaandra

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline