Lihat ke Halaman Asli

Adica Wirawan

TERVERIFIKASI

"Sleeping Shareholder"

Rumus S.M.A.R.T.

Diperbarui: 20 Juni 2015   05:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Saya sungguh senang bisa berbagi tentang sebuah rumus yang sangat cocok untuk menetapkan tujuan. Rumus tersebut sudah dimanfaatkan banyak orang karena terbukti ampuh memetakan tujuan secara lebih jelas. Rumus itu adalah S.M.A.R.T., yang merupakan akronim dari spesific, measureable, archieable, relevant, dan time.

Setiap unsur tersebut mempunyai penjelasan sebagai berikut.

1. Spesific, yang menyatakan bahwa Anda harus menetapkan suatu tujuan yang jelas. Hal tersebut akan memberi Anda suatu gambaran yang konkret sehingga Anda mempunyai arah yang jelas untuk melangkah meraih tujuan tersebut.

2. Measureable, yang artinya 'dapat diukur'. Tujuan yang sudah Anda buat harus dapat diukur. Itu artinya bahwa Anda dapat memikirkan strategi yang tepat untuk meraih tujuan anda.

3. Archievable, yang maksudnya 'dapat diraih'. Tujuan yang sudah Anda rancang mungkin sesuatu yang sangat tinggi, tetapi Anda juga harus memikirkan apakah tujuan yang tinggi tersebut dapat Anda raih atau tidak. Jangan sampai Anda merasa letih meraih tujuan tersebut karena merasa bahwa tujuan tersebut terlampau sulit dicapai sehingga Anda menyerah dan meninggalkan tujuan tersebut.

4. Relevant, yang maknanya 'sesuai dengan situasi yang sekarang'. Anda juga harus mempertimbangkan semua sumber daya yang Anda miliki untuk meraih tujuan tersebut. Anda harus memikirkan apakah Anda sudah memiliki semua sumber daya untuk meraih tujuan Anda.

5. Time, yang artinya tenggat waktu. Anda memerlukan tenggat waktu untuk mencapai tujuan Anda. Hal tersebut bertujuan supaya Anda segera mengambil tindakan untuk meraih tujuan tersebut.

Nah, rumus tersebut sudah dijelaskan secara sekilas. Untuk memahami rumus tersebut dengan lebih baik silakan Anda memahami ilustrasi berikut ini.

1. Spesific : Brian mempunyai keinginan untuk membeli sebuah apartemen di pusat kota. Harga apartemen tersebut adalah dua ratus juta rupiah.

2. Measurable : Untuk mewujudkan tujuannya Brian harus menyusun strategi agar dapat memiliki apartemen tersebut. Ia mulai menambah penghasilannya dengan membuka bisnis online, menanam investasi, dan mengelola asetnya. Semua hal itu dilakukan untuk memenuhi kondisi yang mendukung pencapaian tujuannya.

3. Archieveable : Brian menyadari bahwa tujuan itu sangat tinggi, tetapi ia dapat meraihnya dengan terampil mengembangkan kecakapan finansialnya. Dalam jangka waktu beberapa tahun saja ia optimis dapat mewujudkan tujuannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline