Lihat ke Halaman Asli

Adi Bermasa

TERVERIFIKASI

mengamati dan mencermati

Bilal Bekerja Sambil Bermandi Lumpur

Diperbarui: 17 Juli 2016   20:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BILAL saat menggali kabel Telkom. Hanya kelihatan wajahnya saja. (DOK PRIBADI)

Luar biasa kerja Bilal sehari-hari. Menggali dan membenamkan kabel Telkom. Bermandikan lumpur sudah biasa baginya. Dalam bekerja hanya mata dan rambut saja yang tidak bermandi lumpur. Namun, kalau pekerjaan yangh dihadang berat, terpaksa sekujur tubuh, termasuk mata dan kepala dikorbankan.

Itulah yang dilakoni Bilal (50), warga asal Surian Solok dalam menjalani pekerjaannya sebagai penggali kabel Telkom. Saat ditemui di Jalan Aster, Flamboyan Baru, Padang Barat, kemarin, dia mengaku sudah lama bekerja sebagai penggali kabel. Sebelum di Padang, dia juga melakukan pekerjaan yang sama di Batam.

Bagi orang yang belum terbiasa menyaksikan pekerja menggali kabel Telkom, maka apa yang dijalani Bilal sungguh luar biasa. Kabel itu harus dbenamkan minimal satu meter di bawah tanah. Jika penggalian terbentur tanah keras berbatu, Bilal haurs mengerahkan sekuat tenaga untuk menembusnya. Apalagi kalau ada air. Sungguh butuh kesabaran dan kehati-hatian.

Bilal menjelaskan kabel itu dibenamkan dengan dua cara. Pertama, menggali keseluruhan tanah lokasi pembenaman kabel itu. Kedua, melubangi saja sekitar satu meter untuk bisa bergerak mencongkel tanah sampai ke lubang berikutnya yang jaraknya sekitar 10 meter.

Kalau sistem kedua bisa dilakukan, itu yang ditempuh Bilal. Hanya saja, dia harus siap mandi lumpur dan berbaur tanah dengan pakaian yang basah kuyup semuanya.

“Mata saja yang diusahakan aman. Namun kalau tidak memungkinkan, terpaksa harus menyelam sambil 'memainkan' peralatan galian untuk bisa tembus ke lubang berikutnya guna memasukkan kabel,” kisahnya.

Kadang-kadang dia menjumpai benda keras seperti batu dan kayu yang tidak bisa diterobos oleh peralatannya. Jika sudah demikian, dia terpaksa menempuh cara pertama, yaitu menggali saluran kabel itu dari permukaan tanah.

Kebanyakan, pekerja yang sudah berpengalaman menggali dan membenamkan kabel Telkom menggunakan cara kedua, yakni menggali lobang sebagai tempat bergerak dan mengusahakan pemboran ke lubang selanjutnya yang juga disiapkan teman sekerja. Begitu seterusnya.

Rata-rata pekerja galian kabel Telkom itu mereka berkelompok. Satu kelompok dua orang.

Jika diperhatikan memang sungguh sulit bekerja sebagai penggali kabel itu, namun mereka yang sudah menjalaninya bertahun-tahun, sudah jadi hal yang biasa. Mereka diupah Rp 13.000,- per meter galian, termasuk menimbun kembali. Bayangkan kalau ada beragam kendala. Untuk makan sehari-hari saja mungkin angka demikian tidak cukup, apalagi untuk membiayai anak dan istri.

“Sudah tiga hari saya berdua dengan teman bekerja, belum selesai juga penggalian 30 meter. Hitunglah berapa upahnya. Rp 390.000,- dibagi dua. Jadi Rp 190.000,- Bagi lagi tiga. Hanya sekitar Rp 60.000,- saja. Bayangkan sulitnya mencari 'pitih' bekerja sebagai penggali kabel,” kata Bilal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline