Lihat ke Halaman Asli

Adi Bermasa

TERVERIFIKASI

mengamati dan mencermati

Bank Nagari Syariah Bertekad 'Jadi Raja di Negeri Sendiri'

Diperbarui: 14 Juni 2016   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kepala Cabang Bank Nagari Syariah Padang, Mulyadi Bachtiar

Sumatra Barat, populer dengan sebutan Ranah Minangkabau, memiliki mayoritas penduduk beragama Islam. Masyarakatnya memiliki falsafah adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah. Oleh karena itu, sangat pantas jika perbankan syariah jadi ‘raja di negeri sendiri'.

Ungkapan di atas dikemukakan anak muda bernama Mulyadi Bachtiar, yang sehari-hari bejibaku mengembangkan bisnis perbankan syariah di Ibukota Sumatra Barat, Padang, dengan jangkauan usahanya mencakup Pariaman dan Pasaman Barat.

Bisnis perbankan syariah saat ini memang mulai berkembang pesat di Sumatra Barat. Boleh dikatakan, seluruh perbankan konvensional yang berkantor pusat di Jakarta sudah punya unit usaha perbankan syariah yang beroperasi di Sumatra Barat. Namun, Mulyadi Bachtiar agak ‘istimewa’. Dia tampil memimpin perbankan syariah dengan kantor pusatnya langsung di Sumatra Barat, yaitu Bank Nagari Syariah (BNS), yang seluruh sahamnya milik 'urang awak'.

Menilik posisinya, perbankan syariah yang dipimpin Mulyadi tentu begitu kuat karena pengontrolan dilakukan langsung dari kantor pusatnya.

Namun demikian, Mulyadi Bachtiar mengakui bahwa masih banyak yang perlu dimaksimalkan agar perbankan syariah di Sumatra Barat bisa berkembang lebih baik. Mulai dari sumber daya manusia hingga berbagai program, terobosan, dan inovasi yang perlu dilakukan. Bank Nagari Syariah, katanya, terus memacu semua hal tersebut di jajaran perusahaan.

“Seluruh karyawan dan karyawati masih berstatus dikaryakan dari perbankan konvensional Bank Nagari,” ujarnya, Selasa (14/6).

Dia mengatakan, kebannyakan nasabah masih menganggap perbankan syariah tidak beda dengan bank konvensional. Buktinya, nasabah bertanya, berapa bunganya, kalau menyimpan uang di unit syariah.

“Bayangkan, di lngkungan perbankan syariah sangat tabu sebutan 'bunga'. Tapi yang sebenarnya adalah 'bagi hasil'. Namun, begitulah yang terjadi sehari-hari,” ulasnya.

Menurutnya, perbankan syariah yang bernaung di bawah Bank Nagari Sumatra Barat terus memacu diri untuk bergerak memajukan usaha dan bertekad 'jadi raja di negeri sendiri'.

Khusus Bank Nagari Syariah Cabang Padang, paparnya, jumlah nasabahnya terus berkermbang. Seiring itu, pelayanan kepada nasabah diberikan oleh 59 orang karyawan. BNS juga telah punya dua cabang pembantu, yaitu di Pariaman dan Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat. Sedangkan kantor kas BNS berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman.

“Kami juga sudah masuk ke berbagai perguruan tinggi, seperti Universitas Eka Sakti, Alifah, Taman Siswa, dan IAIN Imam Bonjol,” jelas Mulyadi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline