Lihat ke Halaman Asli

Adian Saputra

TERVERIFIKASI

Jurnalis

6 Tips Maksimalkan Masa On Job Training

Diperbarui: 14 April 2023   16:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana kantor. Dokumentasi Shutterstock/Kompas.com

Saya mengalami dua tahun masa on job training sebagai korektor bahasa di harian umum Lampung Post. Dimulai 30 September 2004 sampai dengan kurang lebih Februari 2006. 

Biasanya on job training (OJT) alias pemagangan hanya maksimal setahun. Faktor studi saya yang belum kelar menyebabkan masa OJT saya lebih lama ketimbang yang lain.

Meskipun demikian, OJT dengan durasi waktu selama itu membentuk karakter saya menjadi lebih baik. Umumnya, jika masih OJT, gaji belum penuh, kisarannya masih 80 persen. 

Namun, saya masih dikasih honor jika menulis artikel di surat kabar itu. Berbeda jika sudah teken kontrak resmi, tidak lagi mendapatkan honor menulis.

Masa OJT ini bisa dibilang persiapan untuk masuk sedalam-dalamnya dalam seluk beluk pekerjaan. Mereka yang ditempatkan di OJT diharapkan bisa cepat beradaptasi dengan situasi dan lingkungan. 

Termasuk juga membangun komunikasi yang baik dengan karyawan lain. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar masa OJT kita bisa maksimal.

Kesatu, bangun komunikasi dengan semua karyawan

Sebagai pendatang baru, kita yang mesti ambil inisiatif untuk kenalan dengan semua karyawan. Silakan berkenalan dengan karyawan dari satpam sampai atasan. Ini akan baik ke depannya.

Jangan diam saja meskipun mungkin kita memang orangnya pendiam. Aktiflah untuk memperkenalkan diri. 

Jika ada kegiatan di musala kantor atau lainnya, upayakan ikut serta. Dari situ kita bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru di kantor itu.

Jangan berharap orang mengenal kita dari ujaran orang lain. Tapi berusalah agar semua orang mengenal kita secara baik dan utuh. Persepsi mereka kepada kita mesti kita sendiri yang membangun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline