Lihat ke Halaman Asli

Adi Abdullah

Guru SMK Negeri 2 Kraksaan

Koneksi Antar Materi Modul 1.2 dan 1.2

Diperbarui: 20 November 2022   17:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Assalamualaikum Ibu / bapak Guru hebat dalam koneksi antar materi ini penulis akan menjabarkan beberapa hal terkait peristiwa,perasaan,pembelajaran dan tareget kedepan saya sebagai calon guru penggerak angkatan 7, yang akan saya kongkritkan pada bahasan dibawah ini :

A. Peristiwa

Ada beberapa aspek peristiwa penting yang saya alami ketika belajar bersama guru guru hebat meliputi beberapa momen yang paling penting, menantang dan mencerahkan dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 antara lain:

  • Mempelajari Modul 1.1 tentang Filosofi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang dijadikan sebagai acuan pendidik dan Modul 1.2 mengenai Nilai dan Peran Guru Penggerak.
  • Memahami filosofis Ki Hadjar Dewantara yakni tentang "Pendidikan yang menghamba pada anak". Hal ini mengisyaratkan bahwa kehadiran seorang guru hanyalah fasilitator yang mengarahkan langkah siswa menuju potensi         terbaik mereka. Dalam hal ini berlaku sebagai "Among" yang memiliki tugas menuntun siswa.
  • Melakukan pemetaan dan analisa pada masing-masing nilai dan peran guru penggerak dalam kaitannya dengan filosofis pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
  • Melakukan kegiatan aksi nyata dan praktik baik sebagai bagian dari implementasi filosofis pemikiran Ki Hadjar Dewantara baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah ataupun masyarakat.
  • Mengerjakan tugas secara tepat waktu baik tugas individu maupun tugas pada ruang kolaborasi. Di tengah kesibukan lain apalagi terkadang pertemuan berada di jam aktif pembelajaran.

B. Perasaan

Setelah memperlajari modul 1.1 dan modul 1.2 semakin saya mengerti bahwa banyak hal yang harus saya pelajari dan aplikasikan dalam rangka mewujudkan pemebelajaran yang benar. 

Perasaan ini yakni saat momen itu terjadi saya merasa seperti seperti mesin motor yang butuh diupgrade performanya. Saya merasa seperti ruang yang memiliki banyak celah celah kosong  yang belum diisi dengan beragam perabotan agar terlihat sempurna. Karenanya, ruang-ruang kosong tersebut harus diisi dengan beragam hal baru. Jadi semakin saya banyak belajar makin saya sadar bahwa banyak tidak tahu.

C. Pembelajaran

Sebelum mepelajari filosofi KHD dan NIlai dan peran Guru penggerak saya menganggap guru haruslah diikuti tanpa kompromi namun setelah mebikuti pembelajaran modul 1 dan modul 1.2 saya jadi sadar bahwa hakikatnya kita sebagai guru hanya menuntun dan mengarahkan potensi potensi anak,

D. Rencana Kedepan

Tentu selalu terpelihara rasa optimis dalam dada ini bahwasanya sebagai insan pembelajar kita harus mampu memiliki target positif kedepannya. Nah target saya kedepannya menjadi guru yang bias menuntun anak menuju potensi terbaiknya. Dengan bekal nilai mandiri,reflektif,Inovatif,Kolaboratif dan selalu berpihak pada Murid.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline