Lihat ke Halaman Asli

Adi Putih

penulis

Alan Efendhi Peraih Penghargaan SATU Indonesia Award 2024 Bidang Kewirausahaan

Diperbarui: 13 Agustus 2024   15:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc. Foto : Alan Efedhi

Tahun 2014 Alan Efendhi lahir di Yogyakarta, mulai budidaya Aloe Vera dengan memilih daerah Gunungkidul - Yogyakarta, karena kondisi lahan yang tandus dan kering yang cocok untuk budidaya Aloe. Untuk pembelian bibit Aloe Vera dari Sidoarjo dan Pontianak, karena dua kota tersebut terkenal memiliki bibit berkualitas. Sedangkan peralatan yang dibutuhkan seperti pisau, saringan dll.

Jangka waktu untuk panen Aloe Vera membutuhkan 12-15 bulan. Setalah merasakan panen Alan Efendhi tidak menyia-nyiakan waktu, langsung mengolah Aloe Vera dengan bahan yang berkualitas seperti Aloe Vera jenis Chinensis Baker yang dipilih karena potensi pengembangannya cukup tinggi, Alan juga menggunakan pemanis alami dari daun stevia untuk produk minumannya seperti Aloe Liquid, Nata de Aloe Vera dan Aloe Vera Cube Drink (Produk Minuman Kesehatan Aloevera).

Karena budidaya Aloe Vera terus berkembang, Alan Efendhi menggandeng lebih dari 152 mitra petani dari berbagai daerah. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, akhirnya tahun 2015 Alan Efendhi mendirikan Perusahaan Rasani Vera untuk produk Aloe Liquid (Minuman Kesehatan Aloevera)

Semakin berkembang, Alan Efendhi mengolah produk diversifikasi menjadi berbagai produk mulai dari Aloe Liquid, Keripik Aloe Vera, Nata de Aloe Vera dan Aloe Vera Cube Drink. Prukd ini semua memiliki indeks glycemic rendah, rendah kalori, rendah kolesterol dan rendah karbohidrat. Tentunya Produk Rasane Vera telah mendapatkan legalitas usaha seperti, IUMK, NIB, PIRT, dan halal. Ini semua menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas dan keamanan produk.

Doc. Foto : Alan Efendhi

Untuk Pengelolaan dari hulu sampai hilir, Alam Efendhi memiliki tim yang terdiri dari 12 karyawan untuk mengelola proses dari budi daya Aloe Vera tersebut mulai dari pengupasan, pengemasan hingga pemasaran. Ini semua untuk menunjukkan kemampuan manajemennya dalam mengintegrasikan proses produksi.

Untuk pengembangan Teknologi-nya Alan Efendhi menggandeng tim peneliti, supaya dapat mengembangkan teknologi dengan memadukan aspek keteknikan, manajemen, dan sosial budaya untuk memastikan kualitas bahan baku melalui penggandengan mitra, pengolahan yang efektif, penggunaan bahan berkualitas dan pengembangan teknologi yang terintegrasi dan pada akhirnya produk yang berkualitas.

Dengan demikian, usaha ini telah menerima penghargaan di tahun 2023 Alan Efendhi meraih SATU Indonesia Award 2023 bidang kewirausahaan. Ini merupakan contoh buat para pemuda yang ingin berprestasi melalui inovasi dalam bisnis kewirausahaan. 

Salam

Adi Putih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline