Lihat ke Halaman Asli

Adi Iswanto

Orator suara hati

Pebalap WSBK Loris Baz Patah Kaki, Salahkan Kualitas Sirkuit Mandalika

Diperbarui: 7 Maret 2023   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Instagram - lorisbaz

Pebalap World Superbike (WSBK), Loris Baz, harus merasakan nasib buruk saat balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akhir pekan lalu. Pada Superpole Race WSBK 2023, rider dari tim Bonovo Action BMW mengalami patah tulang kaki kanan dan pergelangan kaki setelah terserempet oleh Alex Lowes saat hendak masuk ke tikungan ke-10.

Kejadian itu membuat Superpole Race dihentikan sementara sekitar pukul 10.30 WITA. Namun sayangnya, Baz dinyatakan tidak bisa melanjutkan balapan ke Race 2 yang kemudian dimenangi oleh Alvaro Bautista.

Setelah kejadian tersebut, sejumlah penggemar Baz dan WSBK langsung mengkritik Alex Lowes di media sosial. Namun, melalui akun media sosial pribadinya, Baz mengungkapkan bahwa kecelakaan itu bukanlah kesalahan Alex Lowes. Menurut Baz, kualitas Sirkuit Mandalika yang kotor dan berdebu adalah penyebab risiko tinggi bagi para rider yang balapan di lintasan tersebut.

Baz menyarankan agar lebih sering menggelar balapan di Sirkuit Mandalika agar lintasannya lebih bersih dan memiliki racing line yang lebih baik. "Bukan tugas saya untuk memberitahu pilihannya, tetapi semua pengendara setuju bahwa tidak baik untuk balapan di trek di mana tidak ada sepeda yang berada di trek selama berbulan-bulan!," kata Baz.

Insiden ini mengingatkan bahwa keamanan dan kualitas sirkuit balap sangat penting untuk keselamatan para pembalap. Pihak penyelenggara harus lebih memperhatikan dan mengevaluasi kualitas sirkuit sebelum menggelar balapan di sana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline