Lihat ke Halaman Asli

Adi Iswanto

Orator suara hati

7 Amalan Nifsu Syaban untuk Memohon Ampunan dan Menambah Pahala

Diperbarui: 6 Maret 2023   07:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels.com/Thirdman

 

Nisfu Syaban adalah malam pertengahan bulan Syaban, yang merupakan salah satu malam yang sangat istimewa bagi umat muslim. Malam ini memiliki banyak keutamaan dan banyak amalan yang dapat dilakukan untuk memohon ampun dan menambah pahala. Berikut adalah 7 amalan Nisfu Syaban yang dapat dilakukan:

  1. Shalat malam

Shalat malam pada malam Nisfu Syaban sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda, "Carilah malam Nisfu Syaban dengan shalat dan puasa. Karena pada malam itu Allah SWT turun ke langit dunia dan mengampuni hamba-Nya yang banyak berdoa dan memohon ampun." Oleh karena itu, shalat malam pada malam Nisfu Syaban dapat menambah pahala dan memperoleh ampunan dari Allah SWT.

  1. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran pada malam Nisfu Syaban juga dapat menambah pahala dan memperoleh ampunan dari Allah SWT. Kita dapat membaca Al-Quran sendiri atau dengan bimbingan seorang ustadz atau ustazah. Bacaan Al-Quran yang disarankan pada malam Nisfu Syaban adalah surat Yasin, Al-Waqiah, dan Ar-Rahman.

  1. Berzikir

Berzikir pada malam Nisfu Syaban juga dapat menambah pahala dan memperoleh ampunan dari Allah SWT. Zikir yang disarankan adalah zikir tahmid, tasbih, tahlil, dan istighfar. Kita dapat melakukannya sendiri atau bersama-sama dengan keluarga.

  1. Berdoa

Berdoa pada malam Nisfu Syaban juga sangat dianjurkan. Kita dapat berdoa untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan meminta keberkahan serta perlindungan dari Allah SWT. Kita juga dapat berdoa untuk keluarga, teman-teman, dan sesama umat muslim.

  1. Sedekah

Melakukan sedekah pada malam Nisfu Syaban juga dapat menambah pahala dan memperoleh ampunan dari Allah SWT. Sedekah dapat berupa apapun, misalnya makanan, uang, atau pakaian. Sedekah pada malam Nisfu Syaban juga dapat menjadi ladang amal yang terus mengalir keberkahannya.

  1. Puasa

Puasa pada hari Nisfu Syaban juga sangat dianjurkan. Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kamu lewatkan puasa pada bulan Syaban, karena bulan itu antara bulan Rajab dan bulan Ramadan, dan di bulan itu orang-orang terbiasa lalai. Pada bulan itu Allah SWT menulis semua yang akan terjadi pada tahun tersebut." Puasa pada hari Nisfu Syaban dapat menambah pahala dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

  1. Beristighfar

Beristighfar atau memohon ampun pada malam Nisfu Syaban juga sangat dianjurkan. Dengan memohon ampun, kita dapat membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan dan memperoleh rahmat serta kasih sayang dari Allah SWT.

Itulah 7 amalan Nisfu Syaban yang dapat dilakukan untuk memohon ampun dan menambah pahala. Namun, perlu diingat bahwa amalan-amalan tersebut sebaiknya dilakukan dengan niat ikhlas semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT, bukan untuk tujuan lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline