Lihat ke Halaman Asli

Adi sanrah

Mahasiswa

Pendidikan dan Pengarahan Dasar Komputer dan Internet

Diperbarui: 7 November 2021   22:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Universitas Pamulang Semester Genap 2020/2021 telah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Jakarta Selatan, (Kamis) 28 Oktober 2021. 

Mahasiswa Universitas Pamulang Semester Genap 2020/2021 telah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tema yang diambil adalah “Sosialisasi Tentang pembelajaran Dasar Komputer dan Internet”. Di Aula Karang Taruna Kel. Ulujami Pesangrahan, Jakarta Selatan. Materi yang disampaikan merupakan hal-hal yang terkait Pendidikan dan Pengarahan Dasar Komputer dan Internet. Materinya secara garis besar membahas tentang Pengertian Komputer dan Internet, Pengenalan penggunaan Komputer dan Internet yg baik,serta komponen – komponen komputer.

Kegiatan acara ini dibuka oleh moderator Dwi Setyo Nugroho dan Akmal Setiawan selaku perwakilan dari pelaksana kegiatan PKM , dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Rio Adiatama Putra , juga Selaku Dosen Pembimbing PKM yaitu Bapak Apek Dede Supiyan S.Kom., M.Kom juga memberikan arahan khususnya kepada mahasiswa yang melakukan PKM ini agar bisa berkesinambungan kontribusi dalam peningkatan SDM yang berkualitas dan professional karena hal itu merupakan Misi Universitas Pamulang dalam mensukseskan pendidikan di Indonesia. Dan dilanjut dengan pemaparan Materi yang disampaikan oleh saudara Adi Sanrah, Heru Pratama, Erik Maulana Hidayat, Gunawan dan Marta Juniar Nainggolan.

Acara berjalan dengan baik dan interaktif dengan menerapkan protocol kesehatan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Dimana pada setiap sesi materinya diberikan pemaparan melalui presentasi Power Point yang ditampilkan melalui proyektor . Dan untuk Kegiatan kami selama 1 hari , terbagi menjadi 2 sesi yaitu  sesi Pengenalan dan sesi Pengarahan .

Kegiatan ini diadakan karena ada permasalahan yang dialami para pelajar yang tergabung di Forum Karang Taruna, disebabkan kurangnya edukasi dalam penggunaan Komputer dan Internet disaat pandemik ini, upaya tersebut akan dikemas dalam bentuk program Pengabdian Kepada Masyarakat, dimana Forum Anak akan diberi pengarahan, sosialisasi serta pelatihan terkait dengan penggunaan Komputer dan Internet.

Mahasiswa Universitas Pamulang Semester Genap 2020/2021 telah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Pada sesi Pertama, kami lalukan Pengenalan dan Pengarahan tentang Komputer. yang mana sesi pertama di lakukan pemaparan tentang Pengertian Komputer, Sejarah Komputer dan Komponen Sistem Komputer. selanjutnya di lakukan pengenalan langsung atau praktek tentang dasar komputer terdiri dari software hardware.

Mahasiswa Universitas Pamulang Semester Genap 2020/2021 telah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Pada sesi Kedua , kami lalukan pengenalan dan Pengarahan tentang Dasar Internet, Sejarah Internet, Fasilitas Internet ,Syarat terhubung ke Internet ,Istilah-istilah pada Intenet ,Cara menjalankan Internet dan mengenal Elemen-elemen pada Internet. Pada akhir sesi, kita juga memberikan sebuah doorprize untuk 5 orang yang bisa menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah di sampaikan sebelumnya, serta penyerahan sertifikat pengabdian untuk Pengurus Karang Taruna 002/002 Ulujami sebagai perwakilan telah di adakannya yang ikut sampai akhir acara.

Mahasiswa Universitas Pamulang Semester Genap 2020/2021 telah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mendapatkan antusias yang besar dari anggota Karang Taruna  002/002 Ulujami. Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini, kami sangat berharap, para anak didik yang tergabung dalam Karang Taruna  002/002 Ulujami ini mendapatkan manfaat dari Pendidkan dan Pengarahan Dasar Komputer dan Internet, dan setelah mengikuti kegiatan ini para anak didik dapat menambah wasasan penggunaan komputer dan penggunaan internet yang baik.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline