Lihat ke Halaman Asli

Indonesia Lugu atau Bodoh?

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ketika berbicara Negara Indonesia, kita membanyangkan Negara Besar dan Kepulaun dan Mayoritas Penduduk muslim terbesar Dunia "KATANYA". Berbicara Hukum dan Birokrasi di Indonesia memang mengasikkan bagi pengkritik kritk tajam dam pedas, saya pun seorang pengkritk. Indonesia Negara Hukum, iya memang benar Negara Hukum, tapi yang mempunyai uang dan kekuasaan. Hukum Indonesia masih menganut Hukum Belanda (Penjajah). Bagi anak Hukum pasti ada pelajarannya saat kuliah tentang Hukum Belanda. Anda pasti sering dengar kata ini "TAJAM KE BAWAH TUMPUL KE ATAS" itulah contoh Hukum indonesia. Lihat yang maling-maling kecil hukumannya di atas 4 Tahun penjara, tapi anda lihat Koruptor-koruptor Bebas bekeliaran. Saya berpikiran para koruptor ini sudah di PELIHARA Negara? dan akhirnya ada kabar baik dan menyenangkan koruptor di hukum 12Tahun Penjara,inilah shock terapi bagi para koruptor.

Mengenai Birokrasi Indonesia yang bobrok dan masih melekat jaman orde baru.

Banyak teman saya bicara, 'di RT gua kena bayaran masa 20ribu cuma minta tanda tangan aja' itu 1 di lingkungan kita tinggal. 2 'berapa cepat anda mendapat surat menyurat di kelurahan dan kecamatan'? 3 'Polsek atau Pos terdekat minta surat kehilangan saja anda kena biaya,Padahal anda kehilangan dompet'. Padahal terpampang sebuah spanduk "JAUHI CALO DAN PUNGLI". dan kata ini pun muncul "Indonesia" ada yang salahkah dengan kata Indonesia? Indonesia adalah negara bukan perorangan ingat itu.

Pernah saat saya tugas di Batam dan saya bertanya dengan teman-teman lingkungan saya bekerja 'eh mau ke singapore dong,gimana caranya? teman saya jawab 'gampang,kalau gak ada pasport nembak aja 600ribu' apa yang anda pikirkan dengan Birokrasi Indonesia? Orangnya kah,systemnya kah atau instansinya kah.

Dan hal 1 ini yang buat saya berpikir, teman saya bilang masuk singapore itu susah banyak aturannya. contoh kecil saja: Bila anda datang atau ingin masuk ke Negara singapore anda akan di tanyakan seperti ini:

1. Tujuannya Kemana?

2. Berapa Lama?

3. Ada yang menjemputkah atau sanak keluarga?

4. anda bawa apa saja? bawa 1 bungkus Rokok dan harus terbuka.

itu hal kecil bila anda ingin ke singapore, dan sebaliknya orang singapore datang ke batam,bukan main istimewanya,anda bebas bawa apa saja asal tidak bawa narkotika.

Indonesia Lugu atau Bodoh?

Terima Kasih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline