Lihat ke Halaman Asli

Adhitya Ramadhan

Guru/Fotografer/SMK Sinar Parahyangan

Pencahayaan dalam Fotografi

Diperbarui: 24 November 2023   10:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi - Adhitya Ramadhan

PENCAHAYAAN DALAM FOTOGRAFI

1. Teknik dasar pencahayaan 

Fotografer yang berpengalaman akan selalu mempertimbangkan arah cahaya, baik itu cahaya alami atau cahaya buatan. Kualitas cahaya ini sendiri sangat beragam, baik itu cahaya matahari atau cahaya dari lampu-lampu atau benda yang berpijar dan menghasilkan cahaya. Kualitas cahaya matahari tergantung pada jam dan posisi matahari, misalnya cahaya matahari pagi beda dengan cahaya matahari sore. Hal terpenting dalam melihat kualitas cahaya adalah kesimbangan antara highlight dan shadow, karena hal ini terjadi berdasarkan dari arah cahaya itu sendiri. Berikut ini beberapa pencahayaan pada fotografi:  

a. Front Light, adalah posisi cahaya berada di depan objek, sehingga pada bagian depan objek akan mendapat cahaya penuh. 

b. Oval Light, adalah posisi cahaya berada pada 3/4 objek, sehingga akan terdapat sedikit bayangan pada bagian belakang objek.

c. Side Light, adalah posisi cahaya berada pada sisi samping dari objek, sehingga bayangan dan terang objek akan terbagi menjadi dua, bagian terang dan bayangan akan berada pada posisi yang berlawanan. 

d. Rim Light, adalah posisi cahaya berada bagian belakang dengan posisi sudut 1/4 objek, sehingga pada bagian depan objek akan gelap dan akan timbul garis cahaya pada tepian objek. 

e. Back Light, adalah posisi cahaya tepat pada bagian belakang objek sehingga sisi depan objek menjadi gelap dan tercipta garis-garis cahaya pada bagian belakang objek secara tegas 

2. Sumber cahaya dalam fotografi

 Pada saat pemotretan berlangsung tentu hasil nya akan dipengaruhi oleh intensitas cahaya di sekitarnya. Intensitas cahaya di sekitar objek akan mempengaruhi karakteristik suatu gambar. Sumber cahaya dalam fotografi dibagi kedalam tiga jenis yaitu ambient light, diffuse light, and direct light. 

Masingmasing sumber cahaya dapat menampilkan karakteristik tertentu darisebuah gambar atau foto. Foto yang bagus adalah foto yang menampilkan keseimbangan dari ketiga sumber cahaya.

a. Ambient light mengacu pada keseluruhan jumlah cahaya yang dapat dipantulkan di sekitar Ambient light umumnya tidak memberikan bayangan.

Dokumen pribadi - Adhitya Ramadhan

 b. Diffuse light mengacu pada permukaan yang memantulkan cahaya yang menyebabkan bayangan halus dan gradasi cahaya dari terang ke gelap dan menitik beratkan pada efek tiga dimensi dan bentuk.

Dokumen pribadi - Adhitya Ramadhan

c. Direct light mengacu pada sumber cahaya yang menyinari subyek secara langsung, misalnya cahaya matahari dan lain-lain. Direct light memberikan efek bentuk obyek yang sangat jelas dan bayangan yang dalam.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline