Lihat ke Halaman Asli

Bersama Hajar Selimut Polusi Perubahan Iklim

Diperbarui: 13 Oktober 2022   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto : https://pin.it/4YAfzGC

                                                                                                    

Perubahan iklim telah menyelimuti polusi dan mengubah kondisi mengarah kepada situasi buruk dan tidak nyaman. Semua disebakan oleh banyaknya kegiatan dan perubahan yang dilakukan oleh masyarakat umum tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi kedepannya serta banyak pembakaran yang diperlukan untuk menyeleraskannya hingga memunculkan emisi yang mendukung peningkatan perubahan iklim. faktor tersebut dimulai dari manusia dan alamnya. Oleh karenya, diperlukannya aksi dan proses untuk memperbaiki kembali emisi memicu terjadinya perubahan iklim guna menjalani kehidupan yang lebih baik kedepannya. Untuk mencapainya diperlukan pemahaman akan penyebab dan dampak yang akan terjadi.

1. Iklim

Iklim Merupakan Paleoklimatologi (kebiasaan atau karakter cuaca yang terjadi di suatu tempat dan daerah dalam kurun waktu perkiraan rata-rata 30 tahun). Yang membedakannya dengan cuaca di rentang waktunya saja. Sebagai contoh, Jika hari ini hujan (cuaca) dan jika hujan terus sampai akhir bulan (iklim).

Perubahan cuaca saat ini menimbulkan hasil negative yang membuat masyarakat umum mengalami dampak yang signifikan dalam menjalani kehidupan. Lalu apa saja penyebab terjadinya perubahan iklim tersebut.

2. PENYEBAB PERUBAHAN IKLIM

Perubahan iklim yang kita rasakan disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor manusia dan alam. Keduanya dasar penyebab akan dampak yang akan diterima atas terjadinya perubahan iklim tersebut, lalu apa saja penyebabnya ?

  • Pembuatan Energi

Proses dalam pembuatan listrik dan panas masih menggunakan bahan bakar fosil, seperti batubara, minyak dan gas alam yang akan menyebabkan emisi global terjadi.

  • Barang Manufaktur

Pembangunan Manufaktur maupun perindustrian memerlukan bahan bakar fosil untuk membuat, semen, besi, baja, plastik, pakaian dsb, yang mengeluarkan gas penyebab terjadinya emisi global.

  • Menebang Hutan

Hutan memiliki kemampuan menyerap CO2 dan mengeluarkan O2 dalam membantu proses iklim yang normal, namun penebangan hutan yang dibuat untuk lahan pertanian atau perindustrian maupun alasan lainnya akan membuat kekurangan kemampuan hutan menstabilkan atmosfer hingga menyebabkan emisi global muncul.

  • Menggunakan Transfortasi
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline