Pada hari Jumat, 18 Oktober 2024, saya berkesempatan menjadi narasumber dalam acara Fun Game Fun Learning yang diadakan oleh American Corner Universitas Airlangga. Acara ini berlangsung di ASEEC Tower lantai 12, Universitas Airlangga Kampus B, dan dimulai dari pukul 15.30 hingga 17.30 WIB.
Acara ini tidak hanya menjadi ruang berbagi pengalaman, tetapi juga menguatkan gagasan bahwa pendidikan harus menjadi pengalaman yang menyenangkan dan interaktif.
Dengan tema "Help us to evaluate the education system and start from the root. It's time to upscale the method and make a fun learning experience for all," acara ini menjadi momentum refleksi bersama untuk menciptakan perubahan nyata dalam dunia pendidikan.
Film Dokumentasi: Guru dan Board Game di Kelas
Acara dibuka dengan pemutaran film dokumenter singkat yang menampilkan aktivitas para guru yang menggunakan board game sebagai media pembelajaran di kelas. Dokumenter ini menggambarkan bagaimana game dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.
Film ini memberikan inspirasi, tidak hanya bagi saya, tetapi juga bagi para peserta yang hadir, yang terdiri dari pengajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Tentu saja, ini menjadi pengantar yang sangat relevan dengan topik yang saya bahas dalam sesi talk show.
Sebagai narasumber utama, saya berbagi perjalanan saya sebagai game designer profesional, menciptakan permainan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga memiliki nilai edukasi yang mendalam. Beberapa karya saya yang saya bahas dalam sesi ini meliputi:
Waroong Wars
Board game ini mengajarkan strategi dan keterampilan manajemen usaha kecil. Pemain berperan sebagai pemilik warung yang berlomba-lomba menarik pelanggan sambil menghadapi tantangan bisnis.Cashflowpoly
Permainan ini mengajarkan konsep dasar perencanaan keuangan, seperti menghasilkan pendapatan dari berbagai sumber, mengatur pengeluaran, menabung, hingga mencapai tujuan keuangan.Linimasa Card Game
Karya inovatif ini dirancang untuk membantu siswa belajar sejarah melalui permainan kartu yang interaktif. Linimasa Card Game hadir dalam tiga seri:- Sejarah Kemerdekaan RI
- STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics)
- 25 Nabi dan Rasul
Dalam talk show ini, saya juga menekankan pentingnya game-based learning sebagai metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa, merangsang kreativitas, dan membantu mereka memahami konsep-konsep sulit dengan lebih mudah.