Lihat ke Halaman Asli

Adhicipta Wirawan

Professional Game Designer dan Dosen Praktisi International Program Digital Media Petra Christian University (PCU), Penulis Buku Yuk Bikin Board Game Edukasi: https://bit.ly/bukubikinboardgame

Guru Ujung Tombak Pendidikan Literasi Keuangan yang Terjerat Pinjol

Diperbarui: 13 November 2024   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Profesi guru, yang selama ini kita anggap mulia dan menjadi pilar pendidikan, ternyata juga menghadapi tantangan serius di era digital. Hasil riset lembaga No Limit Indonesia pada tahun 2021 mengungkapkan fakta mengejutkan: guru menjadi kalangan yang paling banyak terjerat praktik pinjaman online (pinjol) ilegal. 

Sebanyak 42% responden korban pinjol ilegal adalah guru. Fakta ini tentu mengundang keprihatinan mendalam.

Pinjaman online ilegal kerap menjadi jalan pintas bagi para guru untuk memenuhi kebutuhan finansial yang mendesak. Namun, bunga yang sangat tinggi, aturan yang tidak jelas, hingga penagihan yang cenderung intimidatif membuat pinjol ilegal sangat berisiko, bahkan berujung pada masalah finansial yang lebih besar. 

Fenomena ini menggambarkan perlunya perhatian khusus pada literasi keuangan di kalangan guru sendiri, agar mereka dapat menjadi lebih bijak dalam memilih sumber pembiayaan dan mengelola keuangan mereka.

Mengapa Guru Mudah Terjerat Pinjol?

Beberapa faktor yang menyebabkan guru mudah terjerat pinjol antara lain:

  • Beban finansial: Gaji guru yang seringkali dianggap tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan berbagai tagihan menjadi salah satu pemicu utama. Gaji guru, terutama di daerah, masih tergolong rendah dan seringkali tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi untuk kebutuhan mendesak atau darurat. Keterbatasan ini memaksa sebagian guru mencari tambahan penghasilan, dan pinjaman online ilegal menjadi solusi yang mudah diakses. 
  • Minimnya literasi keuangan: Meskipun para guru mengajar di sekolah, tidak semua memiliki pemahaman yang kuat tentang literasi keuangan, seperti manajemen utang, risiko pinjaman, dan perencanaan keuangan. Kurangnya pengetahuan ini membuat mereka rentan terhadap bujuk rayu pinjol ilegal yang menawarkan proses pinjaman cepat tanpa banyak persyaratan. Kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan yang baik membuat guru rentan tergiur oleh iming-iming pinjaman cepat tanpa memahami risiko yang menyertai.
  • Tekanan sosial: Tekanan untuk memenuhi gaya hidup konsumtif dan tuntutan sosial juga menjadi faktor pendorong. Seperti banyak profesi lainnya, guru juga menghadapi kebutuhan mendadak seperti biaya kesehatan, pendidikan anak, atau kebutuhan lainnya yang kadang membutuhkan dana segera. Saat dihadapkan pada situasi ini, pinjaman online ilegal menjadi pilihan yang dirasa cepat dan praktis.
  • Minimnya Edukasi tentang Risiko Pinjol Ilegal: Informasi tentang risiko pinjol ilegal sering kali tidak sampai kepada para guru atau mungkin dianggap sepele, padahal implikasinya sangat besar. Minimnya edukasi ini membuat guru lebih mudah terjebak dalam jeratan pinjaman online ilegal tanpa mengetahui risiko sebenarnya.
  • Kemudahan akses: Maraknya aplikasi pinjol yang mudah diakses melalui smartphone semakin mempermudah seseorang untuk terjerat pinjol. Pinjaman online ilegal menawarkan akses yang sangat mudah dan cepat tanpa banyak syarat, seperti jaminan atau pemeriksaan kelayakan. Hal ini membuat guru yang butuh dana cepat merasa tertarik karena tidak perlu melalui proses yang panjang.

Guru: Potensi Besar sebagai Ujung Tombak Literasi Keuangan

Meskipun fenomena pinjol ilegal ini menjadi tantangan, guru tetap memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun generasi yang paham literasi keuangan. Sebagai pendidik, guru berada di garda terdepan dalam memberikan contoh dan mengajarkan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan yang sehat kepada siswa. 

Ketika guru memiliki pemahaman yang baik tentang literasi keuangan, mereka dapat menularkan ilmu tersebut kepada siswa secara efektif. Peran sebagai pendidik: Sebagai pendidik, guru memiliki akses langsung kepada siswa dan masyarakat. Mereka dapat menanamkan nilai-nilai keuangan yang baik sejak dini.

  • Teladan dalam Pengelolaan Keuangan: Guru yang memiliki literasi keuangan yang baik dapat menjadi teladan bagi siswa dalam mengelola keuangan. Dengan menunjukkan sikap bijaksana dalam keuangan, siswa dapat belajar pentingnya menabung, menghindari utang konsumtif, dan merencanakan masa depan.

  • Membangun Kesadaran sejak Dini: Guru yang memiliki pemahaman literasi keuangan bisa mulai memperkenalkan konsep-konsep dasar pengelolaan uang kepada siswa sejak dini. Pendidikan literasi keuangan tidak harus diajarkan secara formal, tetapi bisa disisipkan dalam berbagai mata pelajaran.

  • Menjadi Pendidik yang Lebih Tangguh: Dengan memahami pentingnya literasi keuangan, guru dapat menghindari jeratan pinjaman ilegal dan memilih cara yang lebih bijak untuk memenuhi kebutuhan finansial mereka. Hal ini pada akhirnya membuat mereka menjadi sosok pendidik yang lebih kuat dan mampu memberikan teladan positif.

Solusi agar Guru Bisa Menjadi Ujung Tombak Pendidikan Literasi Keuangan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline