Lihat ke Halaman Asli

Yuk, Mengenal Beberapa Macam Tingkat Keprofesionalan dalam Layanan Konseling

Diperbarui: 31 Juli 2024   00:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber ilustrasi: pinterest.com/remarong

Apakah kalian tau ada berapa macam tingkat keprofesionalan dalam pelayanan konseling? Tapi sebelum membahas tentang hal tersebut, mari kita belajar apa yang dimaksud dengan bimbingan dan konseling secara singkat ya guys.

Mungkin masih banyak dari kalian yang belum tahu apa itu makna dari bimbingan dan konseling. Bimbingan dan Konseling memiliki makna yang terhubung. Bimbingan adalah suatu proses membantu seseorang dalam menentukan pilihan yang penting dalam kehidupannya, seperti membuat keputusan dalam jenjang pendidikan atau karir yang akan ditempuh. Dan makna dari konseling adalah suatu bantuan penyelesaian masalah dengan cara bertatap muka dengan tenaga professional.

Karena kalian sudah mengenal apa itu bimbingan dan konseling secara singkat. Mari kita pelajari ada berapa macam tingkat sih keprofesionalan dalam konseling dan penjelasan secara singkatnya!

Tingkat keprofesionalan layanan konseling 

  • Pragmatic

Menggunakan beberapa cara yang menurut konselor dianggap memberikan hasil yang optimal, tapi tidak berdasarkan teori tertentu melainkan hanya menggunakan logika. Biasanya layanan ini terdapat di sekolah.

  • Dogmatic

Menggunakan pendekatan tertentu, pendekatan tersebut dijadikan dogma. Dengan pendekatan ini siapapun konseli dan apapun permasalahanya, digunakan pendekatan yang telah dijadikan dogma. Layanan ini menggunakan beberapa teori, tapi masih terlalu kaku teorinya.

  • Sinkretik

Menggunakan sejumlah pendekatan konseling. Namun, tidak disarakan menggunakan layanan ini dikarenakan pendekatan konseling dalam cara ini terkesan campur aduk dan tanpa adanya pertimbangan yang tepat.

  • Eklektik

Memiliki pemahaman yang mendalam terhadap pendekatan, memahami kapan menggunakan atau tidak menggunakan pendekatan konseling tertentu. Disarakan menggunakan layanan ini karena menggunakan pertimbangkan.

  •  Mempribadi

Konselor mempunyai sejumlah pendekatan konseling beserta teknologinya, dan mampu untuk memilih dan menerapkan pendekatan tersebut secara tepat pada permasalahan konseli. Dan konselor juga mampu memberi warna yang khas sehingga terciptanya praktik konseling yang tepat, produktif, dan unik. Layanan ini sangat diperlukan oleh para konselor karena mempunyai dampak positif.

Dengan beberapa layanan tersebut, seharusnya para konselor mampu memberi layanan untuk kebutuhan para konseli secara maksimal. Maka, jangan khawatir karena layanan ini memang difungsikan dan diberikan kepada para konseli oleh para tenaga profesional dengan tujuan membantu para konseli yang membutuhkan bantuan dari para konselor agar bisa segera dapat jalan keluar yang dirinya butuhkan.

Itulah penjelasan singkat tentang tingkat keprofesionalan layanan konseling yang mungkin belum kalian tahu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline