Lihat ke Halaman Asli

Cilok Mama Kinan yang Viral Melegenda

Diperbarui: 14 Oktober 2023   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumen Pribadi

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah adalah usaha yang kegiatan utamanya mengembangkan perekonomian kerakyatan dan dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil maupun rumah tangga. UMKM dapat mendorong kemampuan masyarakat khususnya dalam sektor ekonomi. Setelah masa pandemi, UMKM semakin banyak terkhususnya di bidang kuliner. Salah satu UMKM di bidang kuliner yang merintis pasca pandemi adalah Cilok Mama Kinan. Makanan yang disajikan tidak hanya cilok, masih ada beberapa menu yang khas buatan Mama Kinan, sebagai pemiliknya.

Cilok Mama Kinan berdiri pada tanggal 21 Oktober 2021 diawali dengan pesanan yang diajukan oleh tetangga untuk acara arisan di wilayahnya. Testimoni positif yang diberikan kepada Mama Kinan atas makanan yang disajikan. Dengan modal seadanya alias modal nekat Mama Kinan memulai usahanya dengan menyediakan cilok 20 porsi, seblak 15 porsi dan mie pedas 10 porsi. Tanpa disangka usaha tersebut laris manis hingga ludes dalam sehari. Potensi tersebut dimanfaatkan oleh Mama Kinan untuk menambah stok serta memperluas promosinya ke sosial media. Hal ini sejalan dengan tujuan UMKM yaitu untuk menumbuhkan dan mengembangkan usaha dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan. Dengan berdirinya Cilok Mama Kinan juga dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga dan masyarakat sekitarnya yang ikut membantu usaha tersebut.

Sampai saat ini, UMKM Cilok Mama Kinan masih berlanjut dan melebar pemasarannya hingga ke kecamatan lain. Selama berjalannya usaha tersebut, Mama Kinan memiliki prinsip memberikan makanan yang sederhana, kekinian dan bisa menyenangkan pembeli dengan rasa yang khas. Makanan yang disajikan oleh Mama Kinan diolah sendiri dari bahan mentah menjadi bahan jadi. Sehingga memiliki cita rasa sendiri, serta dapat menjamin kehigienisan dari makanan tersebut. Terbukti dengan rasa khasnya, Cilok Mama Kinan bisa dikenal sampai lintas kecamatan. Namun, tidak dipungkuri tentunya ada kendala yang dihadapi UMKM Cilok Mama Kinan, yaitu pastinya persaingan yang kuat karena jenis makanan tersebut sudah viral dan banyak digemari masyarakat. Karena masih terbatasnya keuntungan, UMKM Cilok Mama Kinan belum memiliki banyak karyawan dan masih menangani sendiri permintaan pelanggannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline