Lihat ke Halaman Asli

Ade Tasyan Reza

Terus berusaha berkembang maksimal agar menjadi lebih baik

Pedagogy dalam Dunia Olahraga (Apakah Penting?)

Diperbarui: 8 Juni 2024   01:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

PENTING DAN PERLU! 

Sebagai seorang pengajar (dalam hal ini: pelatih) sudah barang tentu harus menguasai banyak hal(pengetahuan), termasuk didalamnya musti menguasai betul disiplin ilmu olahraga yang digeluti serta juga terhadap disiplin ilmu lainnya sebagai penunjang keberhasilan didalam melaksanakan tugas sebagai pengajar/pelatih. 

Dan salah satu elemen utama agar tujuan dari pengajaran pelatihan bisa tercapai secara optimal tersebut adalah metode atau strategi dalam mengajar/melatih yang biasa juga disebut pedagogi. Dengan menguasi ilmu pedagogi seorang pelatih/pengajar dapat mengetahui karakter, kelebihan, kekurangan dan hal-hal lainnya yang perlu ditingkatkan, dikurangi dari masing-masing pemain/siswa.

Sehingga dapat dengan mudah memetakan masalah secara baik lalu merencanakan/membuat program terukur berdasarkan dari pemetaan masalah tersebut. Untuk selanjutnya melaksanakan pembelajaran (pelatihan) kemudian mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan baik evaluasi secara global maupun evaluasi terhadap masing-masing siswa/atlet, sehingga subtansi permasalahan dan seluruh detail-detailnya dapat diuraikan apakah sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan atau belum. Dengan begitu akan menjadi paham serta memudahkan pelatih/pengajar dalam pengambilan keputusan untuk langkah-langkah selanjutnya.

Ade Tasyan R




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline