Lihat ke Halaman Asli

Adestya Hari Nugroho

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Catat! Benda Benda Ini Tidak Boleh Kamu Bawa ke Gunung, Ini Alasannya

Diperbarui: 21 Februari 2023   00:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: Lazada tbmomerr

Mendaki gunung adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika kita mendaki dengan sahabat dan orang-orang yang kita cintai. Namun sayangnya, seringkali kesenangan kita tersebut membuat kita lupa akan satu hal, yaitu menjaga kebersihan di gunung.

Untungnya, gunung-gunung di Indonesia sekarang ini sudah memiliki peraturan dan manajemen yang baik. Salah satunya dibuktikan dengan membuat peraturan tentang pengelolaan sampah pendakian. Namun selain mengatur tentang sampah pendakian, pihak gunung juga melarang beberapa benda untuk dibawa ke gunung. 

Hal tersebut karena ada beberapa benda yang sulit terurai oleh alam di gunung sehingga dapat menyebabkan tercemarnya gunung. Oleh karena itu, ketika kita mendaki gunung, kita wajib untuk menjaga kebersihan dan membawa sampah turun agar lingkungan dan alam di gunung tetap asri dan terjaga kebersihannya dari sampah-sampah pendaki.

Kamu penasaran kan? Berikut adalah benda-benda yang tidak boleh kamu bawa ke gunung. Simak baik-baik ya!

1. Tisu basah

sumber: Lazada tbmomerr

Beberapa Gunung di Pulau Jawa seperti Gunung Prau, Gunung Andong, Gunung Sumbing, Gunung Kembang, Gunung Sindoro, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, Gunung Pakuwaja, Gunung Semeru, Gunung Gede dan Gunung Pangrango sudah melarang para pendaki untuk membawa tisu basah. Pelarangan membawa tisu basah bukan tanpa alasan.  Alasan para pendaki dilarang menggunakan tisu basah adalah tisu basah terbuat dari material yang memiliki kandungan plastik yang susah terurai oleh tanah sehingga dapat mencemari lingkungan.

Awalnya, tisu basah ini tidak dilarang oleh pihak gunung, namun dari pengalaman terdahulu, banyak para pendaki yang kurang bertanggungjawab dengan sampah tisu basah ini hingga sampah ini banyak berceceran di wilayah gunung. Bahkan, saking banyaknya sampah tisu basah, ia menjadi sampah nomor 2 terbanyak yang ditemukan saat pembersihan gunung. Sangat menyedihkan bukan?

2. Deterjen

sumber: theasianparent

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline