Lihat ke Halaman Asli

Workshop antariksa" Unite For Safety "

Diperbarui: 24 Juli 2024   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Kegiatan/dokpri

Pada tanggal 20 juli 2024, antariksa mengadakan workshop yang bertema "Unite For Safety " di Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Yang bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat dalam keselamatan berkendara. Workshop ini dihadiri mahasiswa mahasiswi, dosen, tamu undangan dan juga narasumber.  Wrokshop dilaksanakan di Hall Baroroh Baried lantai 4 Kampus Terpadu Unisa Yogyakarta.

Workshop ini menghadirkan tiga narasumber, narasumber pertama adalah  Ibu Widya  selaku Ditlantas Polda DIY, yang memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya mentaati peraturan lalu lintas sesuai dengan Undang-Undang. Narasumber kedua adalah Mas Rang, seorang influencer yang terkenal sebagai anak motor, yang menyampaikan pengalamannya tentang kepekaan terhadap kondisi jalan dan pentingnya perilaku berkendara yang bertanggung jawab. 

Narasumber ketiga adalah perwakilan dari Astra Motor Yogyakarta  Bpk Muhammad Ali Iqbal, yang fokus pada perawatan dan pemeliharaan stamina motor untuk perjalanan baik jarak jauh maupun jarak dekat.

Acara ini juga menjadi forum interaktif dimana peserta dapat bertanya langsung kepada narasumber tentang topik keselamatan berkendara. Diskusi dan tukar pikiran antara peserta dari berbagai latar belakang turut memperkaya pengalaman belajar dalam workshop ini.

Teori psikologi komunikasi yang dapat dihubungkan dengan workshop ini adalah teori kognitif. Teori kognitif berfokus pada bagaimana individu memproses informasi dan bagaimana pemahaman mereka dapat mempengaruhi perilaku. Misalnya Dalam workshop ini, pentingnya kesadaran individu tentang keselamatan berkendara ditekankan. 

Narasumber kedua Mas Rang (Rangga Pramudita ) menjelaskan bahwa kesadaran akan keselamatan berkendara adalah langkah awal untuk mencegah kecelakaan. Dengan memberikan informasi yang jelas tentang cara mengurangi risiko, seperti mematuhi aturan lalu lintas dan memeriksa kondisi kendaraan, peserta diharapkan dapat menginternalisasi pentingnya keselamatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline