Lihat ke Halaman Asli

Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Melakukan Penanaman Bibit Pohon

Diperbarui: 19 November 2021   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Mahasiswa KKN reguler dari rumah UIN Walisongo Semarang angkatan 77, melakukan penanaman bibit pohon di sepanjang jalan masuk Desa Sriwulan, Limbangan, Kendal, Jawa Tengah.

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang menyiapkan bibit pohon sebanyak 1.200 buah bibit, yang nantinya akan ditanam dan dibagikan kepada warga setempat. Jenis bibit pohon yang ditanam adalah bibit pohon hias, seperti bibit pohon flamboyan dan bibit pohon tabebuya.

Penanaman bibit pohon ini dilakukan pada hari Selasa, 16 November 2021, penanaman pohon ini dimulai pukul 07.00 – 12.00 WIB. Penanaman bibit pohon ini mendapatkan antusiasme dari masyarakat sekitar, sehingga banyak masyarakat baik usia remaja ataupun dewasa yang ikut membantu melakukan penanaman pohon.

Dok. pribadi

Pemilihan jenis bibit pohon ini dipilih dengan mempertimbangkan tanaman yang dapat mendukung daya tarik tempat wisata yang ada di Sriwulan, seperti wisata pinusan dan kedung, sehingga diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

“Penanaman bibit pohon memang sengaja dilakukan disepanjang jalan menuju tempat wisata, agar menarik daya minat pengunjung karena tempat wisata disini masih belum diketahui banyak orang dan hanya diketahui oleh warga Sriwulan dan sekitarnya,” kata salah satu perangkat desa disana, Selasa (16/11/2021).

Dok. pribadi

“Kegiatan penanaman bibit pohon ini juga memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar, seperti membantu menjaga cadangan air, mencegah banjir saat nanti musim penghujan, serta udara di lingkungan sekitar menjadi lebih sejuk,” imbuh salah satu perangkat desa.

Setelah Penanaman bibit pohon ini selesai dilaksanakan, diharapkan seluruh masyarakat menjaga, merawat, dan memelihara bibit pohon ini agar dapat tumbuh sesuai apa yang diharapakan oleh semua orang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline