Lihat ke Halaman Asli

Piala Gubernur Kepri untuk Liga Nusantara?

Diperbarui: 17 April 2016   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Beberapa hari sebelum Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) HM Sani wafat, saya sudah terima info beliau setuju dibangun stadion bertaraf internasional di Kepri. Info itu dibumbui begini,''tapi sepertinya bukan di Batam.''

Akhirnya, info jadi lengkap 14 April 2016. Wakil Gubernur (Wagub) Kepri Nurdin Basirun pada pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kepri di Batam menyatakan, stadion bertaraf internasional akan dibangun di Dompak, Tanjungpinang. ''Mari kita wujudkan mimpi almarhum Pak Sani," katanya.

Penyampai info ke saya memang top. Kali ini dia punya info lain. Dia sudah sampaikan ide ke Wagub yakni Piala Gubernur Kepri dengan peserta klub anggota Liga Nusantara (Linus) yang ada di Kepri. Ini ide menarik. Lagian, belum ada kabar terbaru dari PSSI Kepri soal Linus. Padahal daerah lain sudah bersiap-siap menggelarnya.

''Dulu ada ide mau datangkan klub besar seperti Arema untuk bertanding di Batam saat Pak Nurdin belum jadi Wagub. Kini, cukup bikin event untuk klub peserta Linus di Kepri. Kasih nama atau memperebutkan Piala Gubernur Kepri. Nanti kalau memang ada Linus tingkat nasional, kan kita tinggal kirim juaranya.''

Di tengah belum jelasnya status PSSI Pusat, ide Piala Gubernur Kepri untuk peserta Linus di Kepri saya rasa jalan keluar yang bagus unuk menggairahkan sepak bola di Kepri. Intinya ada kejuaraan resmi yang tergelar oleh PSSI Kepri di tahun 2016. Tentu saja jika event itu bernama Piala Gubernur Kepri paling tidak ada kerjasama dengan Pemprov Kepri yang akan memperlancar tugas PSSI Kepri.

Tapi, benarkah PSSI Pusat atau PT Gelora Trisula Semesta (GTS) bakal gelar Linus 2016? PT GTS merupakan ''pergantian kostum'' dari PT Liga Indonesia, operator kompetisi, yang masih punya hajatan Indonesia Soccer Championship (ISC). Ada ISC A (peserta ISL) dan ISC B (Divisi Utama).

Maaf, saya sebenarnya agak pesimis Linus (peserta gabungan Divisi 1, 2 dan 3) digelar tahun ini. Karena saya tetap berkeyakinan bila kompetisi kasta tertinggi belum tergelar, maka kasta di bawahnya apalagi. Memang beberapa provinsi sudah berniat menggelar Linus. Seperti PSSI Jateng yang kabarnya memulai 24 April 2016. Artinya, justru mendahului ISC A empat hari, yang diniatkan 29 April.

Kita tunggu saja. Dan saat menunggu, tak salahnya PSSI Kepri mulai menjajaki ide Piala Gubernur Kepri untuk peserta Liga Nusantara yang ada di Kepri.###

(Penulis Ade Adran Syahlan. Dapat dihubungi melalui akun twitternya @adesyahlan. Tulisan ini telah terbit di koran Batam Pos edisi Minggu 17 April 2016)

 

Sumber: http://dutatamasports.com/blog/piala-gubernur-kepri-untuk-liga-nusantara




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline