Lihat ke Halaman Asli

ACAB

Siswa

Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok terhadap Generasi Indonesia

Diperbarui: 3 Februari 2024   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Menurut Philip dan Kevin Keller dalam Arum (2017, hal: 214) bahwa pengertian media sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya. Hal itu sejalan dengan, media sosial adalah media yang penggunanya mudah berpartisipasi, berbagai dan menciptakan peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D) Antony Mayfield dalam Arum (2017, hal: 214).

Banyak media social yang sudah diciptakan baik platform, dan aplikasi elektronik lainnya. Salah satu media social yang saya angkat dalam artikel ini adalah aplikasi TikTok. Hampir seluruh dunia mempunyai aplikasi TikTok dan hampir semua orang mempunyai dampak yang cukup besar baik dari segi positif maupun negative dengan aplikasi tersebut karena mungkin di era digitalisasi dan perkembangan teknologi ini orang dengan gampang membikin konten seperti memasak, joget-joget, a day in my life, olahraga, berjualan dan masih banyak lagi.

Tiktok itu apa sih?
Tiktok pertama kali muncul tahun 2016 di China sejak saat itu aplikasi ini sangat populer di fenomena global . Jika kamu lihat di play store atau appstore aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 10 juta sehingga sangat populer di dunia dari yang masih kecil sampai dewasa.
Tujuan utama tiktok untuk memberikan platform media sosial yang menyenangkan dan kreatif bagi penggunanya sehingga bisa menghibur dari hal yang unik bagi penggunanya dan paling penting untuk menunjukkan bakat untuk membangun suasana yang positif dan dapat memotivasi orang lain. Namun selain itu tiktok juga memiliki dampak negative jika kita tidak bijak dalam mengoptimalkannya.

Dampak-dampak Tiktok bagi generasi indonesia
Dampak Positif
1. Kreativitas dan ekspresi diri TikTok menyediakan platform bagi pengguna untuk mengekspresikan kreativitasnya melalui video pendek.
2. Banyak pengguna muda dapat menemukan saluran untuk kreativitas mereka dan mengembangkan lebih lanjut keterampilan mereka di bidang seni dan hiburan.
3. Koneksi dan komunitas TikTok memungkinkan pengguna terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia yang memiliki minat serupa.
Bentuk komunitas online untuk memberikan dukungan sosial dan memperluas jaringan sosial Anda.

Dampak Negatif
1. Dampak Produktivitas, penggunaan TikTok secara berlebihan dapat mempengaruhi produktivitas, terutama bagi pelajar dan pekerja.
2. Kesenjangan digital, Tidak semua orang memiliki akses terhadap teknologi yang diperlukan untuk menggunakan TikTok, sehingga menciptakan kesenjangan digital di masyarakat.
3. Masalah keamanan dan privasi TikTok menghadapi beberapa masalah keamanan data dan privasi yang dapat merugikan penggunanya.
4. Konten berbahaya di TikTok dapat memengaruhi perilaku dan kesehatan mental penggunanya, khususnya remaja.
Meskipun ada banyak dampak positif dari penggunaan TikTok, penting untuk mewaspadai kemungkinan dampak negatif dan menggunakannya dengan bijak. Edukasi dan pengawasan yang dilakukan oleh orang tua dan pengguna sendiri dapat membantu menjaga keberlangsungan penggunaan TikTok agar tetap positif dan memberikan dampak positif bagi generasi Indonesia.

Sabtu 3, February 2024
Karya: Naina Zihan D.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline