Lihat ke Halaman Asli

Pluralisme? Makassar Abad ke-17 ?

Diperbarui: 28 Mei 2016   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Saya tidah tahu harus dimulai dari mana, harus menjelaskan dari mana. Sejujurnya, minggu ini adalah pertemuan pertama setelad MID TEST dan saya sendiri tidak hadir dalam perkuliahan Antropologi dikarenakan sesuatu yang tidak diingin sewaktu perjalanan ke kampus. Karena tidak hadir saya kurang tau , ah tidak! saya tidak mengerti sama sekali  tentang pembahasaan ini. Pluralisme? Makassar Abad ke-17? Apa yang terjadi?

Saya mencoba untuk membaca tentang pembahasaan ini , untungnya saya mengerti walaupun hanya sedikit. 

Saya akan mulai dengan kata PLURALISME. Apa sih itu Pluralisme? pemahaman saya , pluralisme itu merupakan pemahaman dari beberapa kelompok untuk saling menghargai adanya perbedaan baik itu agama, budaya, keragaman pemikiran dll. Atau secara sederhana mungkin bisa dikatakan prulasisme itu sebuah toleransi ? r

Nah. Pluralisme ini sendiri sudah membudaya di Makassar kira-kira pada abad ke 17 . Dimana pada saat itu Kota Makassar sedang jaya-jayanya di Sulawesi Selatan. Kota Makassar sendiri tumbuh menjadi kota metropolitan urutan ke 2 di Indonesia . Dan menjadi Kota tersibuk di luar Pulau Jawa. Kota Makassar bisa dikatakan Kota terpenting di bagian tengah dan timur Indonesia.

Ya! Kenapa saya katakan Kota Makassar , kota terpenting di bagian tengah dan timur Indonesia?

Coba kita sedikit menoleh kebelakang pada abad ke-17. Kota Makassar menjadi tempat pusat perdangan Internasional dikarenakan tempatnya yang strategis juga. Seperti yang telah saya baca di buku Makassar juga menjadi slaah satu pintu masuk Asia Tenggara. Pada saat itu China dan Meksiko saling bertukar saty sama lain. Bukan hanya dua Negara itu, namun juga bangsa India , Manila , bahkan Spanyol yang menjadikan jalur untuk perdagangan. Sehingga Makassar menjadi titik komersil, sebagai jalur setiap Bangsa yang melewatingan agar terhindar dari usaha VOC yang memonopoli perdagangan rempah di Maluku. 

Mungkin itu yang bisa saya paparkan tentang apa yang terjadi di Kota Makassar pada Abad ke-17. Mohon saran dan koreksi nya ..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline