Lihat ke Halaman Asli

Etnografi?

Diperbarui: 18 April 2016   10:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Etnografi ? Mungkin tidak banyak dari kalian yang belum mengetahui tentang Etnografi. Sebenarnya saya sendiri belum memahami. Didalam perkuliahan Antropolgi kemarin, saya masih asing mendengar kata "Etnografi".  Namun setelah saya membaca setidaknya ada titik terang yang mebuat saya bisa sedikit memahami.  

Apasih itu Etnografi ? 

Etnografi adalah berasal dari bahasa Yunani, Ethnos yang berarti Rakyat dan Graphia yang berarti Tulisan. Etnografi merupakan sebuah karangan dari hasil penelitian ilmiah seorang ahli antropologi yang dimana dalam karangan tersebut tentang mepelajari kebuadayaan lain. 

Metode Etnografi biasanya membutuhkan waktu jangka panjang untuk melakukan penelitian karena melibatkan kombinasi lapangan serta observasi. Adapun tujuan utama penelitian ini adalah memahami suatu pandangan hidup dari sudut pandang penduduk asli, seperti dikemukakan oleh Malinowski, "tujuan Etnografi adalah memahami sudut pandang penduduk asli, hubungannya dengan kehidupan, untuk mendapatkan pandangan dari dunianya." (1922 : 25)  

Dalam sebuah karya Etnografi biasanya para Ahli antropologi menggunakan tujuh unsur-unsur kebudayaan untuk menjelaskan kebudayaan manusia yang telah ia teliti dan ini disebut "Kerangka Etnografi" . Unsur -unsur kebudayaan tersebut antara lain :  

         1.  Sistem Bahasa 

         2. Sistem Teknologi 

         3. Sistem Ekonomi

         4. Sistem Organisasi Sosial 

         5. Sistem Pengetahuan

          6. Kesenian 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline