Lihat ke Halaman Asli

Adenia Silalahi

Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 1

Dengan 4 Bahan Ini, Kita Bisa Membuat Handsanitizer untuk Cegah Covid-19

Diperbarui: 5 Juli 2021   13:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Padang (17/06/21) – Ditengah adanya pandemi COVID-19, Mahasiswa UNDIP yang mengikuti program Kampus Mengajar ikut menunjukkan kepeduliannya dengan mengajarkan anak sekolah akan pentingnya menjaga kebersihan tangan untuk cegah virus di era pandemi seperti ini. 

Kampus Mengajar Angakatan 1 merupakan salah satu Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka. Kampus Mengajar memiliki Tujuan untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi serta membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD di daerah 3T.  

Kegiatan ini bertemakan “Menjaga Kebersihan Tangan dengan Menggunakan Handsanitizer di Tengah Pandemi COVID-19.” Sekolah yang menjadi penempatan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 ini adalah SDN 01 Belakang Tangsi Kota Padang, dengan mahasiswa yang ditempatkan terdiri atas 6 mahasiswa

yaitu Adenia Millenika (Universitas Diponegoro); Fellicia Kurniawan (universitas Diponegoro); Adzra Helga (Universitas Telkom); Felicia Novita (Universitas Negeri Padang); Helenita Zube (STKIP PGRI Sumbar); dan Felia Zulasmi (STKIP PGRI Sumbar). Dengan bimbingan dosen pembimbing lapangan Samsiarni, S.S, M.Hum yang merupakan dosen dari STKIP PGRI Sumbar.

dokpri

Di SD 01 Belakang Tangsi, warga sekolah menghabiskan waktu dari pagi sampai sore untuk menempuh pendidikan dan beraktivitas di area sekolah. Kondisi ini perlu didukung oleh fasilitas yang membantu warga sekolah untuk mematuhi protokol kesehatan walaupun sedang beraktivitas di luar rumah. 

Penulis sebagai mahasiswa kimia melakukan pembuatan produk handsanitizer untuk mempermudah warga sekolah dalam menjaga kebersihan tangannya. Produk ini dibuat dengan bahan yang dapat ditemukan di rumah, mudah di cari, dan mudah digunakan yaitu menggunakan lidah buaya, jeruk nipis, alkohol 70%, dan gliserin. Langkah-langkah untuk membuat handsanitizer sebagai berikut:

  • Tuang 5 sendok gliserin (1:3 dengan Alkohol).
  • Tuang 15 Sendok Alkohol 70% (3:1 dengan Gliserin)
  • Aduk rata gliserin dengan alkohol
  • Masukkan lidah buaya yang sudah di ekstrak terlebih dahulu. Cara mengekstrak lidah buaya adalah dengan mengambil daging lidah buaya kemudian di haluskan dan disaring hingga mendapatkan daging lidah buaya yang lebih halus dan encer
  • Tambahkan air jeruk nipis
  • Kemudian diamkan campuran cairan selama 15 menit dan masukkan kedalam botol spray.
  • Handsanitizer dapat digunakan.

Keikutsertaan warga sekolah dalam mematuhi protokol kesehatan turut mengambil bagian dalam langkah mencegah tersebarnya virus COVID-19. 

“Semoga dengan adanya kegiatan pembuatan Handsanitizer dengan bahan yang mudah di cari ini dapat membantu warga sekolah untuk melawan covid-19 dan juga meminimalkan anggaran dalam membeli handsanitizer yang sudah jadi” ujar pak Syafurman, Kepala SDN 01 Belakang Tangsi.

Oleh : Adenia Millenika Silalahi

Pengulas: Adi Darmawan Ph.D

(Dosen Pendamping Lapangan Kampus Mengajar Angkatan 1 2021)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline