Lihat ke Halaman Asli

Adelya Rachmatya Dewi

Penyiar Televisi

Dukung SDGs! Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Revitalisasi Perpustakaan SDN Ngepringan 1 yang Telah Lama Vakum

Diperbarui: 11 Februari 2023   23:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Revitalisasi perpustakaan sebagai peningkatan minat baca SDN Ngepringan 1 (Dokpri)

Sragen (26/1), -Minat baca merupakan sebuah ketertarikan untuk dapat mengartikan media kata-kata yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Melalui  minat baca dapat mendorong minat seseorang untuk giat memperluas pengetahuannya. 

Minat baca merupakan salah satu elemen penting dalam dunia pendidikan termasuk pada jenjang Sekolah Dasar. Dalam hal ini peningkatan minat baca pada siswa siswi sekolah dasar dapat dilakukan melalui keberadaan perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa yang memegang peranan penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. 

Namun pada praktiknya masih banyak Sekolah Dasar yang tidak memiliki perpustakaan sekolah yang layak. Hal ini turut terjadi pula di SDN Ngepringan 1 dimana perpustakaan sekolahnya telah cukup lama vakum karena tidak adanya pustakawan dan ruangannya dialih fungsikan menjadi gudang sekolah. Melalui latar belakang permasalahan tersebut mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro tahun 2022/2023 yaitu Adelya Rachmatya Dewi dari Prodi Ilmu Perpustakaan melakukan kegiatan revitalisasi perpustakaan sekolah SDN Ngepringan 1.

Kondisi awal perpustakaan SDN Ngepringan 1. Dokpri

Tujuan dari kegiatan ini untuk mengaktifkan kembali perpustakaan sekolah yang sesuai dengan standar yang berlaku. Sehingga nantinya perpustakaan sekolah SDN Ngepringan 1 dapat dimanfaatkan oleh para siswa siswi guna meningkatkan minat baca. Kegiatan revitalisasi perpustakaan dilakukan bersama siswa siswi SDN Ngepringan 1 dan berlangsung 3 hari. Mulai dari tanggal 24 -- 26 Januari 2023. Serangkaian kegiatannya meliputi memindahkan barang-barang, menata ulang perpustakaan serta mengklasifikasikan koleksi bahan pustaka menurut sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) dengan nomor kelas 000-900.

Kemudian setelah kegiatan revitalisasi perpustakaan sekolah usai dan perpustakaan siap untuk digunakan oleh seluruh masyarakat SDN Ngepringan 1, pada tangal 26 Januari 2023 dilakukan kegiatan pembentukan kelompok membaca bersama siswa siswi kelas 4 dan 5 SDN Ngepringan 1. Melalui revitalisasi perpustakaan sekolah dan pembentukan kelompok membaca diharapkan dapat meningkatkan minat baca para siswa SDN Ngepringan 1.

Pembentukan kelompok membaca di Perpustakaan SDN Ngepringan 1 (Dokpri)

Penulis: Adelya Rachmatya Dewi / Ilmu Budaya / Ilmu Perpustakaan

Editor: Hendrik A.S., Ocid M., Renata J.N.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline