Lihat ke Halaman Asli

Selamat Memperingati Hari Laut Sedunia, Mari Kita Jaga Bersama!

Diperbarui: 8 Juni 2022   10:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Hari Laut Sedunia atau Wordl Oceans Day. Sumber: Freepik via adjar.grid.id

Lautan menutupi lebih dari 70% bagian di bumi. Menurut PBB, setidaknya 50% oksigen dihasilkan oleh laut. Lautan adalah kunci ekonomi kita, dengan perkiraan 40 juta orang dipekerjakan oleh industri berbasis laut pada tahun 2030. Selain itu, 30% karbon dioksida diserap oleh lautan, yang diproduksi oleh manusia, menahan dampak pemanasan global.

Sebanyak 90% populasi ikan besar di laut habis dan 50% terumbu karang hancur, karena manusia yanng tidak bertanggung jawab mengambilnya. Oleh karena itu, kita perlu bekerja sama untuk menciptakan keseimbangan baru dengan lautan yang tidak lagi menghabiskan kekayaannya, melainkan memulihkan ekosistemnya dan memberinya kehidupan baru.

Hari Laut Sedunia mengingatkan setiap orang akan peran utama lautan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka adalah paru-paru bumi dan sumber utama makanan dan obat-obatan dan bagian penting dari biosfer.

Tujuan dari Hari ini adalah untuk menginformasikan kepada publik tentang dampak tindakan manusia di laut, mengembangkan gerakan warga di seluruh dunia untuk laut, dan memobilisasi dan menyatukan penduduk dunia dalam sebuah proyek untuk pengelolaan laut dunia yang berkelanjutan.

Tahun ini, PBB akan menjadi tuan rumah perayaan hibrida pertama dari acara tahunan pada 8 Juni 2022, yang diselenggarakan secara langsung di Markas Besar PBB di New York untuk disiarkan langsung. Ini akan mengusung tema 2022 "Revitalisasi: aksi kolektif untuk laut". 

Diselenggarakan oleh Divisi Urusan Kelautan dan Hukum Laut dari Kantor Urusan Hukum PBB, dengan kontribusi besar dari organisasi nirlaba Oceanic Global, dan dimungkinkan oleh La Mer, acara tahunan tahun ini akan menjelaskan bagaimana kita dapat bekerja sama untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan laut.

Banyak negara telah merayakan hari spesial ini sejak tahun 1992, setelah Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan yang diadakan di Rio de Janeiro. Pada tahun 2008, Majelis Umum PBB memutuskan bahwa, pada 2009, 8 Juni akan ditetapkan oleh PBB sebagai "Hari Laut Sedunia".

Hari Laut Sedunia diperingati pada tanggal 8 Juni, yang merupakan hari bagi umat manusia untuk merayakannya. Lautan menghubungkan, menopang, dan mendukung kita semua.Hari Laut Sedunia menyoroti perlunya Lautan dalam kehidupan kita dan menekankan alasan untuk melindunginya agar tidak rusak. 

Sampah plastik baru-baru ini di lautan telah membuat masyarakat dan pemerintah mengerutkan alis. Sudah menjadi tugas masing-masing untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam melindungi dan melestarikan laut kita bersama. Jadi, sangat diharapkan untuk berkumpul bersama keluarga, teman, dan komunitas kita untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi bumi kita dengan melindungi laut.

Benar yang dikatakan Fabien Cousteau bahwa, "Tanpa air, planet kita akan menjadi salah satu dari miliaran batu tak bernyawa yang mengambang tanpa henti dalam luasnya kehampaan hitam pekat." Lautan adalah paru-paru planet kita; menyediakan oksigen untuk bernafas, menyediakan sumber utama makanan & obat-obatan, dan merupakan bagian penting dari biosfer.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline