Lihat ke Halaman Asli

Selamat Memperingati Hari Atap Hijau Sedunia, Inilah Manfaat Atap Hijau Untuk Bangunanmu!

Diperbarui: 6 Juni 2022   03:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : saktidesain.com

Pernahkah Anda mendengar tentang Hari Atap Hijau Sedunia? Jika tidak, sini saya kasih tau.


Setiap tanggal 6 Juni diperingati sebagai Hari Atap Hijau Sedunia. Kota-kota di seluruh dunia akan melakukan penghijauan untuk membersihkan jejak karbon mereka dan beradaptasi dengan perubahan iklim. Atap hijau tidak hanya bermanfaat bagi semua orang, tetapi juga bermanfaat bagi satwa liar kecil, dan itu adalah sesuatu yang harus kita rayakan! Perayaan atap hijau ini adalah hal global, dan apakah Anda berbisnis atau tidak, Anda masih bisa merayakan go green. Baik itu gudang sepeda atau halte bus, atap ekstensi baru Anda atau kantor rumah Anda, Anda masih dapat menikmati atap hijau yang indah dan merayakannya akan lebih dari sekadar dorongan. Setiap Hari Atap Hijau Sedunia, orang-orang di seluruh dunia didorong untuk melihat ke luar jendela mereka dan memeriksa atap yang merupakan kandidat sempurna untuk go green!


Apa itu atap hijau?
Atap hijau juga dikenal sebagai atap hidup. Ini adalah ruang atap yang memfasilitasi semak, pohon, vegetasi, dan ruang cantik yang dirancang untuk berwarna-warni dan membantu lingkungan.


Mengapa atap hijau harus dirayakan?
Kita berada dalam keadaan darurat iklim, dan kita  tidak bisa lepas dari fakta itu. Atap hijau akan menjadi bagian besar dari solusi. Atap hijau bukanlah konsep baru, tetapi mungkin baru diterima dari mereka yang tidak menyadari apa artinya semua itu bagi mereka.
Kebijakan atap hijau pertama muncul pada tahun 1979 di Jerman. Atap hijau sangat populer di kalangan perencanaan kota di Eropa, tetapi seluruh dunia perlu mengikuti -- cepat -- jika kita ingin melakukan sesuatu tentang krisis iklim saat ini. Di kota-kota besar di Amerika dan Inggris, taman atap dan tanaman hijau menjadi semakin populer, dengan London memimpin dalam ruang oasis atap hijau. Ada banyak nilai dan manfaat lingkungan dalam atap hijau, dan kota-kota di seluruh dunia harus mengambilnya untuk memastikan bahwa mereka juga membantu seluruh dunia.
Ada berbagai jenis desain atap hijau, dari intensif dan keanekaragaman hayati hingga ekstensif. Beberapa atap hijau bersifat domestik dan lainnya komersial, beberapa dari atap datar dan lainnya bernada. Peluang untuk desain yang menakjubkan sangat besar dan Anda dapat meningkatkan kualitas udara, mengumpulkan dan mengontrol limpasan air hujan dan memberikan peningkatan dan nilai untuk setiap bangunan. Ada banyak manfaat memiliki atap hijau, jadi mari kita pelajari!


Manfaat Atap Hijau 

Atap hijau sangat populer di perkotaan, jadi ketika datang ke Hari Atap Hijau Sedunia, penting untuk mengetahui manfaat memiliki atap hijau. Mari kita cari tahu!

1. Mengganti Ruang Hijau
 Ketika Anda tinggal di kota atau area terbangun, Anda akan segera menyadari bahwa gedung-gedung tinggi dan beton dengan cepat menyalip ruang hijau. Dengan banyaknya ruang hijau yang berkurang dalam ukuran dan frekuensi, atap hijau telah menjadi pilihan terbaik berikutnya. Kita membutuhkan tumbuh-tumbuhan dan tanaman hijau, pepohonan dan oksigen yang lebih baik. Dengan hilangnya ruang, taman atap hijau dapat menggantikan beberapa tanaman hijau yang hilang yang kita andalkan. Burung, serangga, dan satwa liar lainnya juga bergantung pada mereka.


2. Pemantauan Hujan
 Taman atap menahan air hujan dan sebagai hasilnya lebih mudah untuk mengelola air hujan. Daerah perkotaan memiliki pelat keras dan beton sebagai bahan utama, dan dengan demikian, limpasan air hujan dapat menyebabkan banjir. Tanpa pengelolaan yang baik, air ini menjadi bahaya di perkotaan. Atap hijau dapat mengurangi beban dan menahan air itu.


3. Tempat yang Damai
Taman atap adalah salah satu hal terbaik untuk keluar dari daerah perkotaan. Ini adalah tempat yang memberikan ketenangan dan ketenangan dan merupakan permata di mahkota kota. Atap hijau menyediakan ruang yang bagus untuk bersantai, dan menawarkan pelarian sempurna dari keramaian dan hiruk pikuk kota.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline