Lihat ke Halaman Asli

Adel Tiara

Freelancer

Peringatan Hari Sepeda Sedunia, Inilah Beberapa Manfaat dari Bersepeda!

Diperbarui: 3 Juni 2022   02:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : tirto.id

Mengapa harus merayakan hari sepeda sedunia?

Aktivitas fisik secara teratur dengan intensitas sedang -- seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berolahraga -- memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan. Di segala usia, manfaat dari aktif secara fisik lebih besar daripada potensi bahayanya, misalnya melalui kecelakaan. 

Beberapa aktivitas fisik lebih baik daripada tidak sama sekali. Dengan menjadi lebih aktif sepanjang hari dengan cara yang relatif sederhana, orang dapat dengan mudah mencapai tingkat aktivitas yang direkomendasikan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), infrastruktur yang aman untuk berjalan kaki dan bersepeda juga merupakan jalur untuk mencapai kesetaraan kesehatan yang lebih besar. 

Bagi sektor perkotaan termiskin, yang seringkali tidak mampu membeli kendaraan pribadi, berjalan kaki dan bersepeda dapat menjadi salah satu bentuk transportasi sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, kanker tertentu, diabetes, dan bahkan kematian. 

Dengan demikian, peningkatan transpor aktif tidak hanya sehat namun juga adil dan hemat biaya.

Memenuhi kebutuhan orang yang berjalan kaki dan bersepeda terus menjadi bagian penting dari solusi mobilitas untuk membantu kota-kota memisahkan pertumbuhan populasi dari peningkatan emisi, dan untuk meningkatkan kualitas udara dan keselamatan jalan. 

Pandemi COVID-19 juga membuat banyak kota memikirkan kembali sistem transportasi mereka.

Hari Sepeda Sedunia menarik perhatian pada manfaat menggunakan sepeda --- sarana transportasi berkelanjutan yang sederhana, terjangkau, bersih dan ramah lingkungan. 

Sepeda berkontribusi pada udara yang lebih bersih dan mengurangi kemacetan dan membuat pendidikan, perawatan kesehatan, dan layanan sosial lainnya lebih mudah diakses oleh populasi yang paling rentan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline