Lihat ke Halaman Asli

ADELLA PATRICIA

Mahasiswa Universitas Tanjungpura

Mengungkap Rahasia di Balik Bisnis Aksesoris Beads "Losing Moment Project"

Diperbarui: 8 Desember 2023   00:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

@losing.moment.project

Mengungkap Rahasia dibalik Bisnis Aksesoris Beads "Losing Moment Project"

Dalam dunia perfashionan saat ini, sedang diramaikan dengan aksesoris beads yang unik dan lucu-lucu untuk mempercantik serta memperlengkap outfit agar terlihat lebih berwarna dan menarik. Umumnya, aksesoris ini digemari oleh kaum hawa, tetapi tidak menutup kemungkinan kaum adam pun juga menggemarinya.

Aksesoris beads adalah jenis bisnis yang fokus pada pembuatan dan penjualan aksesoris yang menggunakan beads atau manik-manik sebagai bahan utamanya. Beads atau manik-manik dapat terbuat dari berbagai bahan, termasuk plastik, kaca, kayu, logam, atau bahkan batu-batuan dan kristal.

"Losing Moment Project" merupakan usaha aksesoris yang sudah dijalankan selama 1 tahunan. Usaha ini menjual beraneka ragam aksesoris handmade seperti gelang, cincin, kalung, gantungan untuk handphone dan lain sebagainya. Aksesoris ini ditujukan untuk masyarakat di kalangan penggemar perhiasan unik dan kalangan remaja di range umur 15-22 tahun, sebagaimana yang disampaikan oleh Adella Kamitha selaku owner bisnis "Losing Moment Project" pada saat wawancara Senin, (4/12).

Karena industri aksesoris beads telah menjadi salah satu pasar yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, Adella Kamitha, sebagai pendiri dan pemilik usaha aksesoris beads "Losing Moment Project", termotivasi untuk membuka lapangan usaha baru. "Motivasi awal saya membuka usaha ini karena ingin menambah uang jajan dan berawal dari teman-teman yang menyuruh saya untuk menjual produk tersebut dan alhamdulillah banyak juga peminatnya.” ujarnya menceritakan awal perjalanan bisnisnya.

Salah satu keberhasilan “Losing Moment Project” dapat dilihat dari dedikasinya terhadap kualitas dan kreativitas produk yang ia buat. Adella selaku owner selalu fokus pada kualitas bahan dan desain yang unik. Tidak lupa juga dengan kreativitas yang menjadi kunci utama dalam bisnis ini. Pelanggannya tidak hanya membeli aksesoris, tetapi mereka juga membeli cerita di balik setiap produk yang ia jual.

Dengan tekad dan dedikasinya, usaha aksesoris beads ini mengalami peningkatan pesat dalam pendapatan. Owner memberikan gambaran, bahwa kisaran pendapatan perbulan saat ini berkisar antara 2 sampai 3 juta rupiah. Penjualan tertinggi nya juga terjadi pada saat hari-hari spesial seperti pada saat tahun baru, hari lebaran dan juga hari natal. Untuk harga produknya sendiri ia menjual mulai dari harga 3 ribu sampai 20 ribuan. Harga tersebut menyesuaikan dengan jenis, model ataupun desain yang pelanggan inginkan.

Namun, dalam setiap perjalanan bisnis, “Losing Moment Project” juga menghadapi hambatan. "Tantangan terbesar saya adalah banyak nya pesaing yang menjual produk yang sama. Namun, dari situ saya akan berinovasi dengan produk saya yaitu dengan tampil beda dengan UMKM yang ada serta inovasi lainnya bisa membuat customer ikut langsung dalam proses pembuatan produk" katanya.

Dalam wawancara dengan customer yang pernah membeli produk di “Losing Moment Project” kemarin Selasa, (5/12). Uray (sebagai salah satu customer) nya memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang telah diajukan. “Kebetulan sekali usaha ini adalah punya teman saya sendiri, jadi saya pun tertarik untuk membeli beberapa produknya” ungkapnya.

“Dan saya suka dengan model ataupun desain yang ia buat, selain itu kita juga bisa custom sesuai dengan desain yang kita inginkan. Karena lumayan sering membeli beberapa produk disini, terkadang ownernya suka memberikan bonus atau free gift.” tambahnya dengan antusias.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline