Lihat ke Halaman Asli

Adelia Safira

Mahasiswa

Kriteria Penilaian Informasi Bank Syariah

Diperbarui: 26 Desember 2023   09:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut penelitian dari Vina & Hutagalung, Transparansi mengurangi risiko memulai proses pengembangan rencana bisnis dan memberikan informasi penting dan relevan tentang perusahaan secara akurat dan tepat waktu. Menurut penelitian Effendi, transparansi merupakan prinsip yang mensyaratkan informasi publik yang jelas, tepat waktu, dan sebanding dengan informasi mengenai keadaan keuangan perusahaan, status kepegawaian, dan kondisi ketenagakerjaan

Dalam jurnal yang di tulis oleh hasan menyebutkan bahwa  diperlukan bagi investor untuk membuat keputusan yang tepat dan memperoleh utang terkait bisnis yang sesuai .  Penelitian Deti Septiana menunjukkan bahwa prinsip transparansi menciptakan rasa saling pengertian antara pemerintah dan masyarakat dengan memberikan informasi dan memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang akurat dan komprehensif .

Dan mengenai prinsip kepatuhan dalam perbankan syariah, Menurut jurnal utama Integritas integritasbank syariah didasarkan pada ketaatan pada prinsip -- prinsip hukum Islam . dari bank syariah didasarkan pada ketaatan pada prinsip -- prinsip hukum Islam . Bank syariah harus memastikan bahwa seluruh proses operasional dan transaksinya mematuhi prinsip -prinsip dasar hukum , seperti larangan riba ( bunga), gharar ( ketidakpastian ) , dan maysir (perjudian ) . Untuk memastikan bahwa bank beroperasi sesuai dengan prinsip -- prinsip Islam , persyaratan ini juga memerlukan pemeriksaan dan pelaporan kepada Dewan Pengawas Syariah . Namun, menurut penelitian Nulvik , untuk sepenuhnya mewujudkan Syariah, seseorang harus menggunakan prinsip -- prinsip Syariah yang relevan dalam urusan bisnis milik Nulvik.penelitian, untuk sepenuhnya mewujudkan Syariah, seseorang harus menggunakan prinsip -prinsip Syariah yang relevan dalam urusan bisnis mereka .

Menurut penelitian dari Ningsih bahwa Penerapan syariah di bank mencakup penerapan prinsip -- prinsip dan hukum syariah pada setiap aspek operasional bank . Hal ini sejalan dengan penelitian Angrain yang menyatakan bahwa produktivitas berdampak buruk terhadap perlunya koordinasi kinerja produktivitas .

Adapun kesimpulannya Yang dimaksud dengan "kepatuhan perbankan syariah" adalah  bank berpegang teguh pada prinsip-prinsip syariah berdasarkan hukum Islam. Bank syariah harus memastikan bahwa seluruh operasional dan transaksinya mengikuti prinsip-prinsip syariah seperti larangan riba (bunga), gharar (ketidakpastian). Dan maysir (perjudian). Kepatuhan ini juga memerlukan pengendalian dan bimbingan Dewan Pengawas Syariah untuk memastikan bank beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline