Lihat ke Halaman Asli

Adelia Rahmi

Mahasiswa Mercu Buana Yogyakarta

Pelatihan Fermentasi Pakan Ternak Bersama Para Peternak Kalangbangi Kulon

Diperbarui: 10 Agustus 2023   23:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memberikan pengarahan para peternak untuk pelatihan pembuatan fermentasi pakan ternak di Padukuhan Kalangbangi Kulon/Dokpri

(Gunung Kidul, 29 Juli 2023) - Dalam upaya terus menerus untuk meningkatkan efisiensi dan kesejahteraan ternak di Dukuh Kalangbangi Kulon, Kelompok 31 KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebagai mahasiswa yang ditugaskan untuk mengabdi pada masyarakat mengadakan pelatihan fermentasi pakan ternak yang menjadi salah satu program kerja utama kami dikarenakan sebagian besar warga Dukuh Kalangbangi Kulon bermata pencaharian sebagai ternak dan tani, maka dari itu kami sebagai pengabdi pada masyarakat memanfaatkan limbah pada pertanian untuk kami jadikan bahan fermentasi pakan ternak tersebut.

Fermentasi pakan ternak adalah metode baru yang menggabungkan keahlian ilmu pakan dengan teknologi modern. Proses fermentasi ini melibatkan penguraian mikroorganisme tertentu yang secara signifikan meningkatkan nilai gizi dan kecernaan pakan ternak. Dalam hasil penelitian yang intensif, kami telah berhasil mengembangkan formula unik yang meningkatkan kualitas pakan dan nutrisi yang diterima oleh ternak.

Warga Dukuh Kalangbangi Kulon yang mempunyai ternak kami undang untuk pelatihan pembuatan fermentasi pakan dan diikuti para pengabdi dari Universitas lain. Kami memperkenalkan bahan-bahan serta alat-alat yang sederhana dan mempraktekan secara langsung proses pembuatan fermentasi pakan. Kami mengundang para peternak untuk menjelajahi manfaat fermentasi pakan ternak tersebut pada ternak yang dengan antusias di terima oleh Warga Dukuh Kalangbangi Kulon yang datang di tempat kami melaksanakan pelatihan tersebut.

Proses Pembuatan Fermentasi Pakan Ternak/Dokpri

Kelompok 31 KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengundang para ternak berharap menuju peternakan dan pertanian di Dukuh Kalangbangi Kulon lebih berkelanjutan dan berkualitas tinggi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline