Lihat ke Halaman Asli

Profil Singkat Desa Sukokerto, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember

Diperbarui: 28 Juli 2024   22:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Desa Sukokerto adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Di desa ini terdapat beberapa struktur kelembagaan, yaitu 2 dusun, 9 Rukun Warga (RW), dan 27 Rukun Tetangga (RT). Desa ini terdiri dari dusun Krajan dan dusun Kojuk. Desa dengan 3310 penduduk ini (data 2016) memiliki luas keseluruhan daerah menurut dokumen Profil Desa Sukokerto mencapai 351.999 Ha.

Secara geografis, letak Desa Sukokerto bersebelahan dengan desa-desa lainnya yang menjadi batas-batas wilayah desa. Batas-batas wilayah Desa Sukokerto meliputi:

a. Sebelah Barat: Desa Sumber pakem Kecamatan Maesan dan Desa Mojogemi Kecamatan Sukowono

b. Sebelah Timur: Desa Sukowono Kecamatan Sukowono dan Desa Baletbaru Kecamatan Sukowono

c. Sebelah Utara: Desa sukosari Kecamatan Tamanan

d. Sebelah Selatan: Desa Sumberweringin Kecamatan Sukowono.

Tipologi tanah desa yang berupa lembah menjadikan mata pencaharian masyarakat Sukokerto mayoritas sebagai petani, meskipun kepemilikan tanahnya masih banyak menjadi milik masyarakat di luar Sukokerto. Luas sawah desa Sukokerto mencapai 265.284 Ha. Menurut sekdes, Zainol Rizal, kesulitan yang dialami para petani sekarang adalah soal pupuk.

Adapun sarana pendidikan yang ada di desa Sukokerto hanya sampai jenjang sekolah dasar.  Terdapat empat PAUD, satu TK, dan dua SD, yakni SDN Sukokerto 1 dan Sukokerto 2. Daerah Sukokerto belum terdapat supermarket dan sarana kesehatan memadai seperti puskesmas. Sarana kesehatan yang terdapat di desa Sukokerto hanyalah satu unit pondok bersalin desa (polindes) dan posyandu sebanyak enam unit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline