Lihat ke Halaman Asli

Adela IgaFapila

Digunakan untuk tugas kuliah

Mahasiswa KKN Undip Mengenalkan Aplikasi "SIAPIK" Kepada UMKM di RW IV, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen, Semarang

Diperbarui: 14 Februari 2022   10:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jatisari, Semarang (08/02/2022) -- Adela Iga Fapila (20) seorang Mahasiswi UNDIP sedang menjalankan program KKN di kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen sadar akan adanya tingkat pengetahuan dan pemahaman dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang masih rendah mengenai pencatatan laporan keuangan. Bahkan, tidak sedikit dari para UMKM di kelurahan jatisari yang enggan dalam membuat laporan keuangannya sehingga berdampak pada terganggu nya masalah finansial nya. Oleh karena itu, ia turun langsung untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai pentingnya pembuatan laporan keuangan dengan mudah dan praktis melalui Aplikasi SIAPIK yang dapat diakses oleh semua kalangan.

Program KKN Tim 1 Undip membawa tema tentang Pemberdayaan Masyarakat Menuju pasca pandemic covid-19 dengan berbasis SDGs. Dengan ini, mahasiswa KKN TIM 1 Undip dari jurusan Akuntansi membantu UMKM khusunya para warga yang memiliki usaha di RW IV, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen.

Aplikasi SIAPIK merupakan aplikasi pencatatan informasi keuangan yang dibuat oleh Bank Indonesia dan dapat diakses melalui playstore. Dalam menjalankan kegiatan pembukuan sederhana, aplikasi ini juga memberikan layanan secara offline sehingga memudahkan UMKM apabila tidak terdapat koneksi internet.

Program pemberdayaan mengenai aplikasi SIAPIK ini dilakukan dengan sosialisasi secara door to door dan memberikan pelatihan cara menggunakan aplikasi serta mengaplikasikan nya dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat banyak respon positif dari UMKM dalam penggunaan aplikasi SIAPIK. Salah satunya yaitu Muanah (42), seorang pengusaha toko klontong yang sebelumnya tidak pernah membuat pembukuan atau pencatatan keuangan. Sehingaa ia tidak mengetahui berapa keuntungan dan kerugian yang ia miliki, apalagi pemilik toko sering mencampur antara uang pribadinya dengan uang usahanya. Sehingga aplikasi ini memudahkan Muanah dalam pembuatan laporan keuangan sederhana dan dapat memisahkan antara uang pribadi dan uang usaha nya.

Dokpri

Penulis : Adela Iga Fapila (12030118120074)

Dosen Pembimbing Lapangan : Marwini, S.HI., Lc., M.Si.

Lokasi KKN : Kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline